Warga Diimbau Hidup Hemat


Senin, 13 Juni 2016 - 02:56:41 WIB
Warga Diimbau Hidup Hemat

SOLSEL,HALUAN—Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) mengimbau masyarakat melakukan penghematan sebab kebutuhan ekonomi cenderung meningkat. Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas pada Haluan, Jumat,(10/6).

Apalagi saat ini masyarakat dihadapkan dengan tahun ajaran baru pendidikan. Bagi orangtua yang akan menyekolahkan anak dan memasuki jenjang perguruan tinggi hal ini tentu menjadikan beban ganda. “Selama Ramadan harga kebutuhan pokok tinggi, persiapan jelang lebaran ditambah lagi persiapan memasuki tahun ajaran baru bagi pendidikan,”katanya.

Baca Juga : Harga Sembako di Pasar Tradisional Merangkak Naik

Menurutnya, masyarakat jangan terlalu konsumtif dan hendaknya melakukan penghematan dalam mengatur kebutuhan keuangan. “Hadapi lebaran dengan cara sederhana, jangan sampai untuk meme­nuhi kebutuhan premier seperti, pakaian dan sebagainya, kita berhutang kepada pihak lain sebab akan menjadikan beban tambahan keluarga,”tegasnya.

Sementara, seorang Ibu  warga Bomas Koto Baru, Yasningsih, (48) mengakui kondisi ekonomi sulit. “Apalagi selama Ramadan semua harga kebutuhan pokok ikut naik, saya harus ekstra hemat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini anak saya juga akan memasuki perguruan tinggi tentu akan membutuhkan biaya yang sangat besar,”terangnya. Ia menyebutkan, untuk menekan biaya selama Ramadan dan menghadapi tahun ajararan baru ia meng­gadai sawah miliknya. “Terpaksa sawah yang kami miliki digadai kepada orang lain guna memenuhi kebutuhan masuk kuliah anak kami,”tutupnya. (h/jef)

Baca Juga : Pengendalian Inflasi, Pemko Padang Panjang Pantau Harga Sembako Selama Ramadan dan Lebaran

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]