Kemenkumham Akan Terapkan Remisi Online


Rabu, 15 Juni 2016 - 02:24:24 WIB
Kemenkumham Akan Terapkan Remisi Online Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemen­kumham).

JAKARTA, HALUAN — Di­rek­torat Jenderal Pema­syara­katan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemen­kumham) akan menerapkan sistem remisi dalam jaringan (online) pada Agustus 2016 mendatang untuk wilayah DKI Jakarta dan Sumatera Utara.

“Rencana awalnya seluruh Indonesia. Namun ada bebe­rapa kendala kalau (serentak) semua, karena kalau sis­tem blank bisa berantakan seluruh Indonesia. Sekarang masih kami back up dengan manual,” ka­ta Direktur Jenderal Pema­syarakatan Kemenhumham I Wayan Dusak di Gedung Ke­menkumham, Senin malam.

Unit pelaksana teknis Ditjen Pas di wilayah DKI Jakarta dan Sumatera Utara dipilih karena tingkat kelebihan kapasitas di Lapas dan kriminalitas di dae­rah tersebut tinggi.

Menurut Dusak, remisi mempercepat warga binaan pemasyarakatan bebas sehingga mengurangi kelebihan kapasitas dan masalah-masalah keama­nan di Lapas.

Remisi online juga mem­buat proses pengurangan masa hukuman lebih terbuka seka­ligus menghilangkan prasangka tentang remisi yang bisa dibeli.

“Dengan ada online, orang rumah bisa memantau melalui laman yang bisa diakses. Kalau tidak ada pelanggaran maka dapat remisi secara otomatis,” kata Dusak.

Dalam sistem remisi online, pengusulan atau pengajuan oleh kepala lapas dan kepala kantor wilayah adalah untuk warga binaan yang melakukan pelang­garan sehingga tidak memper­oleh pengurangan masa huku­man. 

Sedangkan untuk nara­pidana yang memperoleh pe­ngu­rangan hukuman hanya diajukan satu kali saja dan akan dihitung secara otomatis sesuai ketentuan besaran pengurangan masa hukuman menurut Pasal 4, Pasal 5, dan Pasal 6 Kepu­tusan Presiden Republik Indo­nesia Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

Selain remisi online, digita­lisasi birokrasi yang diupayakan oleh Ditjen Pas adalah pe­ngembangan sistem deteksi internal tentang keamanan digital untuk jaringan narkoba dan terorisme.

“Pembebasan bersyarat juga ke depannya diusaha­kan online,” kata Dusak. (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 00:54:10 WIB

    Seleksi CPNS Kemenkumham Masuki Tahap Kedua, Catat Jadwalnya

    Seleksi CPNS Kemenkumham Masuki Tahap Kedua, Catat Jadwalnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Tahun Anggaran 2019 saat ini memasuki tahapan kedua, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD).
  • Rabu, 20 November 2019 - 08:11:16 WIB

    Kemenkumham Terbanyak Dilaporkan Masyarakat, Disusul Kemristek

    Kemenkumham Terbanyak Dilaporkan Masyarakat, Disusul Kemristek JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mencatat setidaknya ada 20.279 laporan yang diajukan masyarakat terhadap lembaga/kementerian. Laporan itu disampaikan melal.
  • Selasa, 08 Maret 2016 - 03:20:23 WIB
    Di Balik Kaburnya Labora

    Kemenkumham Selidiki Keterlibatan Petugas

    JAKARTA, HALUAN — Proses melarikan diri, hingga men­yerahkan diri buronan ter­pidana kasus pencucian uang dan pembalakkan liar, Labora Sitorus diduga melibatkan oknum petugas lembaga pe­masya­rakatan (LP). .
  • Senin, 04 Januari 2016 - 03:19:58 WIB

    Ical Segera Daftarkan Pengurus Golkar ke Kemenkumham

    JAKARTA, Haluan — Sek­jen Partai Golkar hasil Munas Bali, Idrus Marham menga­takan, dalam waktu dekat pihaknya akan ber­konsultasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk mendaf­tar­kan kembali kepengurusan partainya..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM