Pengiriman Komoditas Antar Provinsi Saling Ketergantungan


Rabu, 15 Juni 2016 - 15:27:55 WIB
Pengiriman Komoditas Antar Provinsi Saling Ketergantungan

PADANG, HALUAN — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Barat (Sumbar), mencatat, ada 4 provinsi di Sumatera yang saling ketergantungan dalam pengiriman barang untuk kebutuhan komoditas yang menggunakan jalur darat.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumbar Zaimar menjelaskan 4 provinsi itu yakni Jambi, Bengkulu, Riau, dan Sumatera Utara. Ia mengakui ada 10 provinsi di Sumatera, namun hanya ada 4 provinsi yang saling ketergantungan dalam pengiriman barang komoditas. "Kenapa hanya Jambi, Bengkulu, Riau, dan Sumatera Utara saja yang bergubungan dengan Sumbar, soal pengiriman barang itu, karena provinsi itu yang dekat dari Sumbar. Sementara, Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Kepri, Bangka Belitung, menjalin perdagangan antar provinsi terdekat pula," jelasnya.

 Perdagangan antar provinsi ini memang saling ketergantungan seperti Sumbar ke Jambi yang merupakan provinsi yang banyak memasok beras, serta juga ada telur, ayam dan minyak goreng. "Jadi Sumbar itu banyak membawa beras nya ke Jambi, namun Jambi tidak ada yang melakukan perdagangan ke Sumbar," kata Zaimar. (h/ows)

Baca Juga : Dinas Perdagangan Padang Tera Ulang 78 Timbangan Pedagang Pasar Alai

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]