Kakankemenag Kota Padang: Siswa Madrasah Harus Jadi Contoh


Kamis, 16 Juni 2016 - 03:22:52 WIB
Kakankemenag Kota Padang: Siswa Madrasah Harus Jadi Contoh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Padang Drs.H. Japeri, MM.

PADANG, HALUAN—Ja­ngan sampai ada siswa mad­rasah yang ugal-ugalan di jalan raya dan berbuat hal-hal lain yang  tak pantas.

“Siswa madrasah harus mampu menjadi contoh bagi siswa lainnya dalam hal kebaikan dan prestasi”, kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Padang Drs.H. Japeri, MM di hadapan kepala mad­rasah, pengawas madrasah dan guru BK (Bimbingan Konseling)pada jajaran Kan­kemenag Kota Padang di aula kantor tersebut, Rabu (15/6).

Baca Juga : Lakukan Mutasi Besar-besaran, Hendri Septa: Penyegaran Birokrasi

Ditegaskannya peran guru BK sangat penting dalam membentuk karakter siswa.Guru BK jangan hanya sebagai pencatat data-data siswa bela­ka. Na­mun jauh lebih penting ba­gai­mana selalu me­mantau per­kem­bangan siswanya setiap hari.

Tugas-tugas gu­ru BK yang tak­ringan tersebut mes­ti dibantu oleh kepala dan pe­ngawas madrasah, agar bisa berjalan lancar sesuai tujuan yang hendak dicapai.

Baca Juga : Hendri Septa Kembali Lantik 194 Pejabat Eselon III dan IV

Bila ketiga unsure terse­but tak bekerjasama dengan baik, maka dikuatirkan pe­laksanaan fungsi BK tak akan berjalan dengan baik.

Ditambahkannya guru BK tak hanya membimbing siswa yang bermasalah, se­perti malas, ni­lainya kurang baik, sering  ber­buatulah, tapi juga mem­bimbing siswa pandai dan baik.Siswa di­bim­bing untuk bisa me­milih kelanjutan pendidikannya sesuai kemam­puan dan ba­katnya.

Baca Juga : Walikota Padang Hendri Septa Terima 500 Paket Sembako bagi Petugas DLH dari BNI Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri

Disamping itu secara fisik kepala madrasah harus pula memperhatikan de­ngan sungguh-sung­guh.Jangan sampai ruangan BK ala ka­dar­nya, malah hanya ditum­pakan dengan ruang lainnya.

Ruang BK harus mema­dai sesuai ketentuan.Siswa yang akan berurusan atau dibimbing harus merasa nyaman di dalam ruangan BK.

Baca Juga : Bangun Industri CPO dan Turunannya di Kota Padang, Hendri Septa Tinjau PT Padang Raya Cakrawala

“Ruangan BK jangan menyeramkan, sehingga siswa menjadi tak nyaman atau takut bila  berhadapan dengan guru BK”, kata Ja­peri didampingi Kepala Sek­si (Kasi) Pendidikan Mad­rasah (Penmad) Kakemenag Kota Padang, Drs. Er­manSyofa, MSi.

Diakuinya masih ada madrasah yang ruangan BK-nya asal-asalan saja.Belum lagi perlengkapan dan perla­tan lainnya yang mesti dipe­nuhi.

Kegiatan dalam bentuk rapat koordinasi (rakor) sehari tersebut diikuti oleh 111 peserta diharapkan mam­pu memecahkan dan mencarikan solusi terhadap pelaksanaan BK pada mad­rasah di Kota Padang.

Sementara itu Koor­di­nator Pengawas (Korwas) Kankemenag Kota Padang, Drs. Syafrullah kepada “Ha­luan” menyebutkan jumlah guru BK di lingkungan mad­rasah se-Kota Padang masih kurang.

Kebutuhan guru BK yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) baru bisa dipenuh separuh dan jumlah yang semestinya.

Tanpa merinci lebih lan­jut berapa jumlah guru BK yang sudah bersatus pegawai negeri tersebut, Syafrullah menyebutkan setiap guru bertugas mem­bimbing 150 siswa. (h/aye).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]