Polandia Raih Hasil yang Adil


Sabtu, 18 Juni 2016 - 07:17:41 WIB
Polandia Raih Hasil yang Adil JERMAN gagal meraih kemenangan atas Polandia. Kedudukan berkesudahan 0-0.

Saint-Denis, haluan — Laga antara Jerman dan Polandia tak menghasilkan pemenang. Kedua tim sama-sama gagal menciptakan gol sehingga laga berakhir de­ngan skor 0-0 di Stade de France, Saint-Denis, Jumat (17/6). Bagi pelatih Polandia, Adam Nawalka, skor 0-0 adalah hasil yang adil.

Dengan hasil ini, Jerman dan Polandia sama-sama mengumpulkan empat poin dari dua laga. Namun Jer­man unggul selisih gol dari Po­landia. Posisi ketiga klas­e­men Grup C ditempati oleh Ir­landia Utara dengan tiga poin. Hasil ini sekaligus memastikan Ukraina ter­singkir dari Piala Eropa.

Baca Juga : Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Skuat Garuda Siap Tempur

Jerman tampil dominan dengan penguasaan bola 63%. Meski demikian, tak banyak peluang bagus yang diciptakan Jerman di babak pertama. Baru di babak ke­dua, pertandingan ber­lang­sung lebih terbuka. Jer­man dan Polandia bergantian men­ciptakan peluang.

Namun buruknya pe­nye­lesaian akhir membuat kedua tim sama-sama gagal bikin gol. Jerman tercatat mele­pas­kan 15 tembakan sepanjang pertandingan. Na­mun hanya tiga di antaranya yang me­ngarah ke gawang. Sementara itu, dari tujuh tembakan Polandia, tidak ada yang on target.

Baca Juga : Jack Miller Brace Podium, Rossi dan Marquez Bisa Apa?

Pelatih Jerman, Joachim Loew, mengaku puas dengan kinerja lini pertahanan tim­nya saat menghadapi Polan­dia. Namun, dia me­ngi­ngin­kan lini serang yang lebih tajam. Loew senang karena barisan pertahanan Jerman yang diisi kuartet Benedikt Hoewedes, Mats Hummels, Jerome Boateng, dan Jonas Hector tampil solid sehingga Polandia tak terlalu mere­potkan kiper Manuel Neuer.

“Lebih dari apapun, saya senang dengan performa kami saat bertahan. Kami tidak membiarkan Polandia memanfaatkan kekuatan me­reka, yaitu melukai kami lewat serangan baik,” ujar Loew di situs resmi UEFA.

Pada saat yang ber­sa­maan, Loew juga mengakui bahwa lini serang timnya belum memuaskan. Mario Goetze, Thomas Mueller, Julian Draxler, maupun An­dre Schuerrle dan Mario Gomez sejauh ini belum bikin gol. “Permainan kami di sepertiga akhir lapangan tidak cukup cepat. Kami ragu-ragu dan saat sampai di sana tiba-tiba ada sepuluh pemain lawan yang bertahan. Kami harus menyerang de­ngan lebih baik,” katanya.

Sementara itu pelatih Polandia Nawalka menilai para pemainnya telah men­jalankan strategi sesuai de­ngan rencana. “Kami me­ngen­dalikan semuanya de­ngan baik, bahkan di akhir. Ada saat ketika Jerman me­ngam­bil inisiatif, tapi kami memang memberikannya secara sadar agar memberi kami ruang untuk menyerang balik,” ucap Nawalka seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

“Saya sangat senang de­ngan tim, khususnya disiplin mereka dan kesadaran taktis. Itu semua berjalan tepat sesuai rencana. Para pemain sangat berusaha keras. Satu-satunya hal yang tidak mem­buat saya senang adalah kegagalan kami mencetak gol, tapi 0-0 adalah skor yang adil,”ujarnya. (h/san)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]