Diharapkan Perbaikan Segera

Robohnya Jembatan Tiku Utara


Sabtu, 18 Juni 2016 - 07:26:33 WIB
Robohnya Jembatan Tiku Utara

Agam, Haluan — Curah hujan tinggi sejak kemarin menyebabkan Jembatan penghubung Jorong Cacang Tinggi dengan Jorong Kubu Anau dan Jorong Durian Kapas, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, ambruk, Jumat sekitar pukul 09.00 WIB.

Tiang maupun pondasi ti­dak kuat menahan De­rasnya aliran Sungai Batang Tiku. Wali Nagari Tiku Uta­ra, Weri Ikhwan, mengaku derasnya arus sungai usai hujan deras membuat pon­dasi jembatan ambruk. “ Kita sebelumnya sudah sa­ngat khawatir jika hujan terus tidak berhenti, akan me­ngancam jembatan. Arusnya sungai sangat deras, sehing­ga menyebabkan pondasi jembatan ambrol dan pu­tus,” katanya.

Baca Juga : Update! Lima Daerah Kuning, 14 Lainnya Ditetapkan Masuk Zona Oranye di Sumbar

Beruntung putusnya jem­batan ini tak ada korban jiwa. Saat itu tiba-tiba warga se­­kitar terdengar suara ge­muruh dan jembatan lang­sung putus. Akibat kejadian ini akases masyarakat  dari Jorong Ca­cang Tinggi me­nuju Jorong Kubu Anau dan Jorong Durian Kapas mau­pun terputus.

Dia mengaku, Menuju Jorong Jorong Kubu Anau, ada jalan alternatif, namun masyarakat harus memutar sejauh 3 km. Weri Ikhwan menambahkan, dirinya ber­sama warga langsung mem­beri rambu seadanya agar tidak ada warga yang me­lintas. “Bahaya kalau tidak sege­ra dikasih tanda pe­nu­tup dan larangan,” jelasnya.

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang

Jembatan ini merupakan akses jalan yang meng­hu­bungkan antara Jorong Ca­cang Tinggi dengan Jorong Kubu Anau dan Jorong Du­rian Kapas di Nagari Tiku Utara. Masyarakat berharap agar pemerintah segera mem­perbaiki jembatan tersebut, karena akses kedua jorong tersebut merupakan jantung perekonomian masya­rakat. ”Kita berharap bisa me­ng­atasi persoalan ini memberi perhatian. Dengan kondisi sekarang kalau masyarakat lewat harus mutar, biasa saya lewat sini pak kalau saya berangkat pergi bekerja ke kebun,” ungkapnya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]