E-Government Baru Tahap Publikasikan dan Interaksi


Sabtu, 18 Juni 2016 - 07:27:04 WIB
E-Government Baru Tahap Publikasikan dan Interaksi

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) adalah dasar bagi Pemkab Limapuluh Kota, untuk mewujudkan e-govern­ment dengan pemanfaatan TIK, sehingga mempercepat reformasi birokrasi dian­taranya, untuk penataan struk­tur birokrasi, pengem­bangan e-government, pe­nye­derhanan perizinan usaha, penataan jumlah dan distri­busi PNS, dan peningkatan kesejahteraan PNS.

Selain itu, efisiensi peng­gunaan fasilitas serta pening­katan transparansi dan akun­tabilitas aparatur. “Kedepan harus diwujudkan dengan pemamfaatan TIK, karena tahapan pelaksanaan e-go­vern­ment atau TIK adalah pemerintah mempub­likasi­kan informasi melalui website dan baru interaksi antara masyarakat dan kantor peme­rintah mela­ui email,” kata Ali Hasan, Kabid Kominfo Li­ma­puluh Kota kepada Halu­an.di ruang kerjanya, ke­maren.

Baca Juga : Sudah Pulang ke Rumah, Korban Serangan Beruang di Sijunjung Berangsur Membaik

Lebih lanjut dika­takan­nya, tahapan ketiga adalah masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintah secara timbal balik dan tahapan keempatnya adalah integrasi di seluruh kantor pemerintah yang telah mempunyai pema­kaian data base bersama. Harus ada komitmen bersa­ma antara stakeholder yang ada terutama pemerintah daerah.

Limapuluh Kota, saat ini baru tahap mempublikasikan dan interaksi melalui portal dan email @li­mapu­luh­kota­kab.go.id dan itu belum me­rata di seluruh skpd yang ada. “Untuk mempercepatnya kita harus membuat rencana in­duk teknologi informasi ko­munikasi (RITIK) di tahun 2017,” lanjutnya.

Baca Juga : Pastikan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN Sumbar Gelar Vicon dengan Jajaran

Dikatakan, pengem­ba­ngan e-government adalah menyederhanakan birokrasi pelayanan publik, pertukaran informasi secara online, mem­berikan jaminan kece­patan respon terhadap kelu­han dan kebutuhan peng­guana serta menimalisasi biaya pelayanan publik de­ngan mengintegrasikan kegia­tan layanan serta menge­liminasi data yang berbeda. Tujuannya untuk pelayanan yang lebih baik, pember­dayaan masyarakat dengan pembentukan jaringan infor­masi dan transaksi pelayanan publik, hubungan interaktif dengan dunia usaha.(h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]