Selangkah Lagi, Padi Gadang Rumpun Jadi Benih Unggul Nasional


Selasa, 21 Juni 2016 - 17:13:14 WIB
Selangkah Lagi, Padi Gadang Rumpun Jadi Benih Unggul Nasional Walikota Sawahlunto tengah memanen hasil padi gadang rumpun yang saat ini tengah dilakukan uji mutu dan ketahan pangan.Humas

SAWAHLUNTO, HALUAN- Benih padi gadang rumpun sebagai benih varietas lokal Sawahlunto merupakan  salah satu keberhasilan dalam percepatan swasembada pangan dikota ini, di samping beberapa kegiatan optimasi lahan dan perbaikan irigasi.


“Penggunaan bibit padi gadang rumpun dirasa nyata telah mampu meningkatkan produksi beras warga. Terjadi peningkatan sebesar 10 persen hasil gabah  kering giling,’’ kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Kehutanan Sawahlunto Heni Purwaningsih kepada Haluan, Selasa (21/6).

Pada 2014 hasil gabah kering giling berkisar 15,116 ton, sedangkan di tahun 2015 16,651 ton. Hasil itu sebut Heni sangat kontras dengan  jumlah luas areal persawahan yang ada saat ini yang terus mengalami penyusutan, pada 2013 luas sawah dikota ini 1770 hektar, ditahun 2014 berkurang menjadi 1680 hektar. Tinggal selangkah lagi setelah uji mutu dan ketahanan pangan, maka varietas lokal Sawahlunto ini akan menjadi varietas benih padai unggul nasional." ungkapnya.
 

Baca Juga : Sudah Pulang ke Rumah, Korban Serangan Beruang di Sijunjung Berangsur Membaik

Hasil panen benih gadang rumpun lanjutnya, bisa mencapai 6,5 hingga 8 ton perhektarnya, sementara memakai varietas lain yang biasa dipakai hanya mampu menghasilkan 6 ton per hektarnya.(h/mg-rki)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]