Suprapto: Jelang Lebaran Selalu Sibuk, Ibadah Tetap Khusuk


Rabu, 22 Juni 2016 - 03:20:41 WIB
Suprapto: Jelang Lebaran Selalu Sibuk, Ibadah Tetap Khusuk Kepala Dinas Pras­jal Tarkim Sumbar, Ir. Suprapto.

PADANG, HALUAN — Kesibukan Suprapto di bulan Ramadan ini tak sedikitpun berkurang dibanding hari biasa. Bahkan jika harus jujur, ritme kerja orang no­mor satu di Dinas Prasjal Tarkim Sumbar ini justru meningkat.

Betapa tidak. Pemudik bakal pulang kampung, ber­le­baran bersama keluarga besarnya. Selama kurun wak­tu tersebut, tak meng­heran­kan jika ruas jalan di daerah ini bakal diramaikan oleh kendaraan dengan nomor polisi luar Sumbar.

Baca Juga : Baim Wong Pastikan Rumah Teka Teki yang Tayang Besok Tanpa Settingan

Untuk menyambut me­reka pulang, tentu kondisi jalan dan jembatan di seluruh wilayah Ranah Minang ini harus siap untuk dilewati. Maka secara rutin pula, Sup­rapto berkeliling daerah guna mengecek langsung kondisi setiap ruas jalan provinsi yang bakal dilewati pemudik.

“Ini sudah menjadi pe­kerjaa­n rutin kita di Dinas Prasjal Tarkim, turun lang­sung ke lapangan mengecek kondisi jalan dan jembatan di daerah jelang Lebaran,” te­rang Suprapto yang akhir tahun ini akan mengakhiri tugasnya sebagai Kadis Pras­jal Tarkim Sumbar.

Baca Juga : Spiral: From The Book Of Saw dan Wrath Of Man Tayang di Bioskop Kota Padang

Meski sibuk menye­dia­kan infrastruktur terbaik bagi masyarakat Sumbar, ayah 4 putra ini selalu disiplin dalam menjalankan ibadah Rama­dan. Menurutnya, ibadah itu ada dua, yaitu ibadah yang gratis seperti salat, baca Alquran, zikir dan lainnya. Satunya lagi ibadah berbayar, seperti infak, sedekah, naik haji dan umrah.

“Seluruh ibadah gratis seperti salat, baca Alquran, zikir, Insyaallah selalu saya kerjakan. Begitu juga ibadah berbayar, seperti infak dan sedekah terus ditingkatkan saat Ramadan. Sedangkan umrah, tahun ini tak sempat ditunaikan,” katanya.

Doa untuk Tito

Saat Ramadan pula, dia terlihat lebih khusyuk me­manjat­kan doa kepada Yang Maha Kuasa. Kadang di sela doa-doanya, tak dipungkiri kesedihan menyeruak di re­lung hatinya. Apalagi ketika memanjatkan doa paket leng­kap untuk si buah hati, Tito Wibisono, Copilot Helikopter TNI yang jatuh di Poso, yang telah pergi meninggalkannya untuk selama-lamanya.

“Doa buat Tito, pastinya doa paket lengkap, mulai dijauhkan dari azab kubur, ditemani malaikat, dimasuk­kan dalam golongan orang beriman dan beramal saleh, semoga husnul khatimah dan diberatkan timbangan pahala dan kebaikannya,” jelasnya.

Selain itu, saat Ramadan ada banyak hal yang tak bisa dilupakannya tentang sang anak. “Tito sangat ber­se­mang­at mengikuti pesan­tren kilat di Bulan Ramadan. Selain itu, saat buka puasa maupun sahur, dia sangat tertib. Tak sebutir pun nasi tersisa di piringnya,” ujar Suprapto mengenang sang putra. (h/vie)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]