Tim Penilai Thaharah Masjid Kunjungi Dua Masjid


Rabu, 22 Juni 2016 - 03:25:20 WIB
Tim Penilai Thaharah Masjid Kunjungi Dua Masjid

AGAM, HALUAN — Tim Penilai Thaharah Masjid Kabupaten Agam mengunjungi Masjid Nurul Fallah Lima Badak, Kecamatan Malalak, dan Masjid Jami’ Nagari Sianok Anam Suku, Kecamatan IV Koto, Senin (20/6).

Ketua tim penilaian thaharah masjid, Hendri Rusdian mengatakan, kunjungan pada kesempatan tersebut merupakan kunjungan hari kelima. Sejauh ini, penilaian thaharah masjid berjalan dengan baik.

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Dana Nagari Masih Diprioritaskan untuk Penanganan Covid-19

Dikatakan Hendri, thaharah mas­jid merupakan salah satu program inovasi cerdas Bupati Agam, Indra Catri. Program ini sudah jalan lima tahun dan tahun 2016 merupakan tahun yang keenam. Pemerintah pada prinsipnya akan terus mendorong pro­gram tersebut agar bisa berkelanjutan.

“Sebelumnya sudah dilakukan kunjungan pada 10 masjid yang ada di Kecamatan Banuhampu, Sungai Pua, Ampek Angkek, Baso, Can­duang, Tilatang Kamang, Kamang Magek dan Palupuah,” katanya.

Baca Juga : Gas Tabung Melon Mulai Langka di Muara Labuh

Dikatakannya, berdasarkan ke­te­rangan Pengurus Masjid Jami’ Nagari Sianok Anam Suku, Kecamatan IV Koto, masjid itu sempat rusak akibat goncangan gempa bumi beberapa tahun silam. Namun, seiring ber­jalannya waktu kondisi fisik masjid terus diperbaharui hingga seperti sekarang.

“Masjid ini dijaga dan dibersihkan oleh tiga gharin hingga masjid ini diusulkan untuk dinilai dalam tha­harah masjid kali ini. Kita juga berterimakasih kepada Puskesmas IV Koto, yang telah melakukan pem­binaan kepada masjid ini dan mem­berikan dukungan dan dorongan atas kebersihan masjid,” ujarnya.

Dari beberapa masjid yang sudah dikunjungi tersebut sudah ada pe­ning­katan kebersihan dari tahun se­be­lumnya. Ia berharap masjid yang bakal dikunjungi dibeberapa kecamatan lagi juga memiliki kebersihan lebih baik.

Hendri menambahkan, pada da­sar­nya program ini bertujuan untuk terciptanya masjid yang bersih dan sehat. Pada akhirnya nanti seluruh masjid yang berada di Kabupaten Agam, bisa dipergunakan dengan nyaman oleh jemaah menjalankan ibadah. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]