23 Nagari Pilwana Serantak


Rabu, 22 Juni 2016 - 03:25:54 WIB
23 Nagari Pilwana Serantak

AGAM, HALUAN — Lebih kurang 23 dari 82 nagari atau desa di Kabupaten Agam, akan melaksanakan Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak Desember 2016. Pemilihan nagari tersebut memerlukan biaya lebih kurang dana sebesar Rp1,3 miliar.

Adapun ke-23 nagari itu, antara lain Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Nagari Bawan, Kecamatan Am­pek Nagari, Duo Koto, Ke­ca­ma­tan Tanjung Raya, Paninjauan, Kecamatan Tan­jung Raya.

Baca Juga : ASN di Dharmasraya Dilarang Meninggalkan Daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Kepala OPD Wajib Berikan Laporan Kedisiplinan Pegawai

Nagari Biaro Gadang, Ke­ca­matan Ampek Angkek, Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek, Padang Lua, Keca­matan Banuhampu. Kemudian Nagari Kubang Putih, Keca­matan Banuhampu, Batu Pa­lano, Kecamatan Sungai Pua, Nan Tujuh, Kecamatan Palu­puh, Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara

Selanjutnya Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Balingka, Kecamatan Ampek Koto, Sianok Anak Suku, Kecamatan Ampek Ko­to, Nagari Taluak Ampek Suku, Kecamatan Banuhampu dan Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Kepala Bidang Perangkat dan Kelembagaan Nagari Ba­dan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BP­M­PN) Agam, Vila Erdi di Lubuk Basung membenarkan ada 23 nagari yang melang­sungkan pilwana pada akhir tahun.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Agam me­nganggar­kan dana lebih kurang sebesar Rp1,3 miliar untuk pelak­sanaan pilwana serentak pada De­sem­ber 2016. Dana sebesar itu, di­guna­kan untuk penga­daan surat suara, honor petugas dan kotak suara. Dana tersebut akan diajukan pada anggaran perubahan

“Memang ada 23 wali­nagari ini sudah habis masa jabatan pada 2015, 2016 dan awal 2017. Diharapkan pilwana pada akhir tahun bisa terlak­sana dengan baik. Dana ini kita ajukan pada APBD perubahan pada 2016,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Pera­turan Daerah (Perda) pemilihan pengangkatan dan pem­ber­henti­an walinagari telah disah­kan DPRD Agam. Perda ter­sebut merupakan dasar serta pijakan dengan pemilihan wali­nagari. Dalam waktu dekat, pihaknya akan membentuk panitia pemilihan. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]