Partisipasi Masyarakat Dibutuhkan untuk Dunia Pendidikan


Rabu, 22 Juni 2016 - 03:28:56 WIB
Partisipasi Masyarakat Dibutuhkan untuk Dunia Pendidikan

PARIAMAN, HALUAN — Walau sarana dan prasarana sudah disiapkan pemerintah Kota Pariaman dalam bentuk wajib belajar 12 tahun, na­mun partisipasi masyarakat tetap perlu untuk mening­katkan pendidikan di kota ini.

“Partisipasi itu bukan uang tetapi bagaimana orang, niniak mamak mensupor anak kemenakanya untuk terus rajin belajar sehingga menjadi orang yang pintar, berilmu serta taat kepada agama,” kata Wakil Ketua Tim VI Safari Ramadan Kota Pariaman, ketika berkunjung ke Surau Lereang, Desa Pung­guang Ladiang, Rabu lalu.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

Pembangunan yang dila­kukan pemerintah kota, tidak hanya tertuju dalam ins­frastruktur fisik seperti pem­bangunan gedung dan jalan, tetapi terhadap pem­ba­ngunan pendidikan tidak pernah terabaikan. Ma­kanya terhadap anak-anak usia sekolah, harus bers­ekolah, sehingga sasaran pendidikan di kota ini dapat sesuai de­ngan harapan pem­bangunan.

Sementara Zahardi da­lam ceramahnya menye­butkan, Allah mengangkat derajat kehidupan orang berilmu, makanya kita ini diwajibkan untuk belajar. Untuk kehidupan ilmu me­mang penting, namun ada yang tak kalah penting yaitu iman dan taqwa. Ketiganya harus sejalan dalam kehi­dupan ini, ilmu, iman dan taqwa.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

Dengan mengerjakan pe­rintah Allah kehidupan be­riman dan bertaqwa bisa kita capai oleh sebab itu ramaikan masjid dan musala atau surau dengankegiatan keagamaan diantaranya dengan wirid pengajian.

Sementara pengurus Su­rau Lereang dalam sambu­tanya menyebutkan, perbai­kan surau saat ini sedang berlangsung. Surau perlu loteng dan juga mikrofon.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Ketika berkunjung, tim pada kesempatan tersebut menyerahkan bantuan tikar untuk salat,  Alquran dan buku keagamaan.

Selama safari Ramadan berlangsung, Tim VI Safari Ramadan Kota Pariaman mengunjungi  tiga Surau dan satu masjid, yaitu, Su­rau Muaro, Mesjid Taqwa Tara­tak di Kelurahan Ta­ratak, Kecamatan Pa­ria­man Te­ngah, Musala Lerang dan terakhir Surau Jambu di Desa Sungai Pasak Ke­camatan Pariaman Timur. (h/tri)

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]