Tekan Angka Kecelakaan

Dishub Kominfo Pasang Rambu di Jalur KA


Rabu, 22 Juni 2016 - 03:31:02 WIB
Dishub Kominfo Pasang Rambu di Jalur KA Salah satu rambu yang dipasang Dishub Kominfo Kota Pariaman di jalur perlintasan kereta api, di Ujuang Batuang. (TRISNALDI)

PARIAMAN, HALUAN — Untuk menghindari kece­lakaan pada perlintasan kereta api yang ada di Kota Pariaman, Dinas Perhubungan Ko­mu­nikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Kota setempat me­masang rambu pada jalur perlintasan kereta api, sehingga masyarakat ingat dan waspada ketika melewati jalur tersebut.

PT Kereta Api memasang ampang-ampang perlintasan hanya pada jalur jalan nasional, selebihnya tidak, karena itulah Dishub Kominfo memasang rambu peringatan terhadap pemakai jalan yang melewati jalur kereta api di jalur yang dilaluinya,” kata Kadishub Kominfo Kota pariaman, Yota Balad, Selasa (20/6).

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Di Kota Pariaman, jalur perlintasan kereta api yang tidak berada pada jalur jalan nasional, cukup banyak. Hal itu disebabkan tidak terlepas dari lajunya perkembangan pemba­ngunan, termasuk pembangu­nan pemukiman.

“Kita belum mampu untuk memasang ampang-ampang otomatis di jalur perlintasan jalan kota, namun yang baru kita laksanakan itu hanya dengan memasang rambu-rambu peringatan lengkap dengan jadwal lalu lintas kereta api di perlintasan jalan yang bukan jalan nasional,” kata Yota Balad.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Selain rambu, juga dilaku­kan membuat pita kejut bebe­ra­pa meter dari perlintasan kereta api. Selain itu  pe­merintah kota berupaya mem­buat jalan inspeksi di sejajar jalur kereta api gina me­minimalisir perlintasan.

Diakui Yota balad, sampai saat ini belum semua terpasang rambu lengkap dengan jadwal kereta api yang melintas di perlintasan, namun secara bertahab terus akan ditambah.

Diharap keberadaan rambu yang dipasang pemerintah kota pada jalur p[erlintasan kereta api pada lokasi jalan yang ada di kota pariaman tidak jalan nasional memberikan warning kepada warga yang mele­watinya, sehingga hati-hati dan terhindar dari kecelakaan. (h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]