Sampah Menumpuk di ATB

Kesadaran Warga Diharapkan


Rabu, 22 Juni 2016 - 04:19:10 WIB
Kesadaran Warga Diharapkan Penampungan Sampah Sementara yang ada di sekitar Air Tawar Barat tak mampu lagi membendung banyaknya sampah warga sehingga menjadi tumpukan dan menyebar hingga ke bahu jalan. Minimnya kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan menjadi salah satu penyebabnya. (JEFRI RAJIF)

Padang, HALUAN — Warga Air Tawar Barat (ATB) sangat mengharapkan per­hatian terhadap tumpukan sampah yang ada pada Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS).

Hal ini dikarenakan begitu banyaknya sampah menumpuk di TPS dan melebar ke bahu jalan, bahkan sudah menyebarkan bau yang menyengat hidung.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Tiga TPS yang ada di ATB tidak hanya dimanfaatkan oleh warga ATB, tetapi juga dimanfaatkan oleh warga yang berasal dari daerah Parupuak, Tabiang sehingga volume sampah yang ada, semakin banyak.

Mak Sarabi (64), warga ATB yang tinggal berseberangan dengan TPS Jalan Enggang Raya, menjelaskan bahwa kondisi sampah yang menumpuk ini sudah lama terjadi. Menurutnya, hal ini terjadi bukan hanya karena TPS yang kurang memadai, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya kesadaran warga saat membuang sampah di sana. “Jelas ada bak sampah yang disediakan, masih juga dibuang sem­barangan. Bahkan di lempar ke pinggir jalan saja,” jelas Sarabi, Senin (20/6).

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Sarabi juga menyatakan kalau masalah pembuangan sampah ini kerap membuat adu mulut antar warga sekitar dengan yang membuang sampah.

Terkait pengambilan sampah oleh petugas kebersihan, Sarabi mengatakan kalau petugas ada mengambilnya sekali sehari.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Tapi tak jarang pula diambil dalam sekali dua hari, bahkan ada dalam rentang 3 hari.

Ketika terkena siraman hujan, tum­pukan sampah nantinya akan menge­luarkan bau yang lebih tak sedap. Hal ini dinyatakan oleh Iyon (35). Iyon dan istri pernah berniat untuk berjualan makanan di warungnya, tetapi karena bau tak sedap, rencana itu diurungkan.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Menanggapi hal ini, Lurah Air Tawar Barat, Afrizul, mengatakan bahwa Ia dan pihaknya juga sudah berusaha maksimal untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, sudah diadakan tiga titik TPS di ATB dan 4 titik di sepanjang Jalan Hamka.

Hanya saja Ia juga menyayangkan tinda­kan warga yang juga tidak taat akan aturan.

“Terkadang, pagi hari petugas keber­sihan baru mengambil sampah, siang sudah menumpuk lagi,” keluhnya pada Haluan, Senin (20/6).

Pihak kelurahan juga sudah mem­buatkan pengumuman melalui spanduk mengenai jam peletakkan sampah.

Afrizul berharap warga meningkatkan rasa sadar terkait pembuangan sampah ini.  (h/mg-uje)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]