Puluhan Balon Kada Payakumbuh Bakal Tersingkir


Rabu, 22 Juni 2016 - 04:36:05 WIB
Puluhan Balon Kada Payakumbuh Bakal Tersingkir Ilustrasi.

PAYAKUMBUH, HALUAN — Menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah Kota Payakumbuh pada Fe­bruari 2017 mendatang, setidaknya puluhan nama bakal calon Cakada yang sudah mendaftarkan diri ke partai politik semenjak be­berapa bulan lalu dipastikan akan tersingkir.

Mereka mendaftar di Partai Nasdem, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura dan PBB. Dari keterangan ke 9 pengurus partai politik tersebut, se­tidak­nya satu partai jumlah bakal calon yang men­daf­tarkan diri dari 8 sampai 22 nama.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Pasalnya, dari analisa Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh, pada Pil­kada mendatang hanya akan ada maksimal 4 pa­sangan calon atau 8 kandidat  dari partai politik. “Wa­lau­pun sudah banyak nama yang mendaftar sebagai ba­kal ca­lon tetapi Pilkada mendatang maksimal hanya 4 pasangan calon atau 8 kandidat dari partai po­litik,”terang Hetta Mambayu Ketua KPU Kota Pa­ya­kum­buh.

Maksimal 4 pasangan calon tersebut, berdasarkan komposisi jumlah du­kung­an di DPRD Payakumbuh sebanyak 25 kursi. “Untuk partai politik, dukungan harus 20 persen dari total kursi di dewan. Untuk di Payakumbuh tidak satupun partai politik yang mampu mengusung calon sendiri. Sehingga mereka harus ber­koalisi dan didapat mak­simal 4 pasangan calon, ”terangnya lagi.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Sementara, pemerhati politik Payakumbuh, Yu­dil­fan Habib menuturkan, di­pasti­kan nantinya puluhan nama yang sudah men­daftar­kan diri sebagai bakal calon tersebut akan tersingkir dari proses Pilkada Payakumbuh. Tetapi, siapa yang akan tersingkir tersebut, belum bisa dipastikan.

“Untuk Pilkada men­datang, kalau melalui partai politik, maksimal hanya ada 8 kandidat atau 4 pasangan yang akan didaftarkan oleh partai politik  ke KPU. Se­dang­kan, jumlah bakal ca­lon yang mendaftar sudah 42 nama. Baik untuk bakal calon walikota maupun wa­kil walikota. Artinya banyak yang tersingkir nanti­nya, ”terang Yudilfan Habib.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Paya­kum­buh itu,  diantaranya incumbent Riza Fa­le­pi, Su­wan­del Mukhtar, Par­mato Alam, Wilman Sing­kuan, Almaisyar, Darlis Ilyas, Beny Muchtar,  Mawi Etek Aria­nto, Fitrial Bachri, Anda Setya Budi, Mar­daria­ni, Yon Alnis,  Budi Uta­ma, Ridwan Sabirin.

Kemudian, Wendra Yu­naldi, Sya­fri­zal, Alek Wi­jaya, Sri Mardianto, Boy Sandi, Harmen Faidal, Sari­puddin, Yossi Danti, Sudir­man Rusma, Yulia Rahmat Muchtar, Erilia Bonita Jos, Marsanova Andesra, Adi surya Tama, Sisferi Dt Gon­jong dan lain  sebagainya.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

“Siapa yang tersingkir dari dari nama-nama bakal calon ini, masih menunggu proses dan tahapan pen­jaringan dari masing-masing partai politik. Pastinya, nanti  banyak yang akan tersing­kir,”tegas Habib. (h/ddg)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]