Ditelantarkan di Pinggir Jalan

Nasib Satu Unit Motor Pintar di Solsel


Rabu, 22 Juni 2016 - 04:37:39 WIB
Nasib Satu Unit Motor Pintar di Solsel Motor Pintar tak terawat terlantar dipinggir jalan Sungai Padi, Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Selasa, (21/6). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Ka­sihan nasib satu unit motor pintar, tak terawat layaknya motor usang. Satu unit motor pintar itu berada dalam semak belukar berdekatan dengan pohon bambu yang rimbun di Jorong Sungai Padi, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Selasa, (21/6).

Entah apa dosa sehingga motor tersebut ditelantarkan di pinggir jalan dekat semak belu­kar. Apakah motor pintar ter­sebut gagal menjadikan pintar anak usia dini sehingga dit­e­lantarkan begitu saja. Seperti diketahui, motor pintar adalah motor roda tiga yang berisi media edukasi yang bertujuan sebagai media pembelajaran untuk mencerdaskan masyara­kat. Layanan Motor Pintar ditujukan khususnya bagi an­ak-anak usia dini (PAUD), siswa TK, siswa SD dan juga masya­rakat umum.

Biasanya motor pintar di­gu­nakan untuk kunjungan rutin ke sekolah-sekolah dan taman bermain anak-anak atau rumah pintar.

Menurut Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Solsel, Inmar Welli jika keberadaan motor pintar di Solsel bukan dibawah kewenangan pihaknya. “Motor pintar tersebut dibawah kewenangan Dinas Pendidikan bukan kewenangan kami, ”ka­ta­­nya saat dihubungi Ha­lu­an, Selasa, (21/6).

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Solsel, Yendri Indra Putra menyebutkan jika awalnya motor pintar tersebut bantuan dari organisasi wanita di ke­ment­erian. “Namun, saya lupa kementeriannya yang mem­berikan bantuan. Ada satu unit untuk Solsel kalau tidak sa­lah,”imbuhnya.

Ia menceritakan, awalnya kewenangan berada pada kan­tor perpustakaan dan arsip tapi kemudian dialihkan kepada Dinas Pendidikan melalui ru­mah pintar.”Kita akan coba crosscheck lagi nan­ti,”tutup­nya. (h/jef)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]