13 Titik Rawan Macet di Sumbar


Rabu, 22 Juni 2016 - 04:38:30 WIB
13 Titik Rawan Macet di Sumbar Ilustrasi.

PADANG, HALUAN—Untuk para pemudik yang berencana melangsung­kan mudik lebaran pada tahun 2016 ini, harap untuk bijak mencari jalur jalan agar tidak terkena kemacetan selama perjalanan. Ada 13 titik lokasi rawan macet di Sumbar selama lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Ko­munikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat  Amran mengatakan, ada dua arah jalur kemacetan yang akan terjadi di Sumbar saat memasuki mudik lebaran yaitu utara dan selatan.

Ia menjelaskan, titik kemacetan arah utara mulai dari Pasar Lubuk Alung, Pasar Sicincin, objek wisata Lembah Anai, RM Pak Datuak, Sate Mak Syukur, lanjut ke Pasar Koto Baru, Pasar Padang Luar, Pasar Baso hingga Sim­pang Piladang. Sementara jalur arah selatan dimulai dari Simpang Gaung Teluk Bayur, di sepanjang ruas jalan Tarusan-Painan dan Pasar Kambang.

“Peningkatan kemacetan di­perkirakan pada H-3 lebaran, sama dengan puncak arus mudik,” kata Amran, Selasa (21/6).

Menurut Amran, kemacetan disebabkan keberadaan pasar tumpah yang memakan badan jalan sebagai lahan berjualan. Selain itu ketidaktersedian lokasi parkir di pasar tumpah tersebut ikut menyumbang kemacetan.

Untuk mengatasi masalah itu Dishubkominfo Sumbar telah mengambil langkah memper­siapkan jalur alternatif agar bisa mengurai kemacetan. Langkan lain yang telah dilakukan seperti di pasar tumpah Koto Baru telah disiapkan lokasi parkir seluas 40 meter persegi tidak jauh dari lokasi pasar.

“Tadi siang kami bersama dinas PU serta pemerintah kabu­paten Tanah Datar sudah me­ninjau lokasi,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk pe­nem­patan petugas pengurai di jalur macet pihaknya akan berko­ordinasi dengan Dirlantas Polda Sumbar.

“Kita lagi menunggu unda­ngan rapat terkait hal itu dari Polda Sumbar, karena untuk pengamanan di jalan jadi kewe­nangan polisi lalu lintas,”katanya.

Dari pengalaman tahun lalu, katanya setiap 2 kilometer akan ditempatkan petugas kepolisian pada jalur-jalur yang dilewati pemudik. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]