Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai


Rabu, 22 Juni 2016 - 04:39:16 WIB
Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai

PADANG, HALUAN – Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Kepulauan Mentawai, Selasa (21/6) malam. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa terjadi sekitar pukul 21.10 WIB 98 km arah tenggara Mentawai dengan kedalaman 34 km.

Informasi yang diperoleh Haluan, meskipun getaran gempa tak begitu kuat, namun  warga Mappadegad dan Tua Pejat dikabarkan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi ke arah perbukitan di pulau tersebut.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Namun di Sikakap yang terletak di Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan masyarakat menanggapi gempa biasa-biasa saja. “ Getaran gempa ada terasa namun tak mengejutkan warga, tidak ada masyarakat yang keluar rumah,” kata Wartawan Haluan Ferdi Saputra yang sedang me­ngikuti Safari Ramadan Pemkab Mentawai di Sikakap tadi malam.

Sementara itu, pantauan Ha­luan di sekitar Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, bebe­rapa warga mengaku merasakan gempa. Salah satunya adalah Riko (26), yang sedang berhenti untuk membeli makanan di salah satu tempat penjual makanan ping­giran di jalanan tersebut.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Padang Panjang, Rahmat Triyono menghimbau masyarakat Mentawai untuk tidak panik, karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Masyarakat Mentawai dan juga Sumatera Barat agar jangan panik, karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan masih aman,” ujarnya.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Meskipun gempa tersebut tidak begitu terasa di Kota Pa­dang, namun informasi mengenai gempa ini mendapat respon yang cukup luar biasa dari netizan dan masyarakat yang ada di Kota Padang. Salah satunya Tellis, warga Lapai ini pun langsung berkicau dalam grup What­sapp Penrem 032 dan Insan Pers ini dengan mengatakan agar masyarakat agar selalu waspada.

Tidak ketinggalan juga, Ka­bag Ops Polresta Padang, Kompol Sumintak yang menginfor­ma­sikan hal tersebut ke dalam grup Resta Padang Press Club. Mantan Kapolsek Padang Barat ini pun juga menginformasikan kekuatan gempa ke dalam grup tersebut. (h/mg-adl/red)

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]