Era Baru Idul Fitri Kota Wisata

Bukittinggi Bertakbir di Pelataran Jam Gadang


Kamis, 23 Juni 2016 - 01:04:06 WIB
Bukittinggi Bertakbir di Pelataran Jam Gadang

BUKITTINGGI, HALUAN-- Pelaksanaan malam takbiran kali ini di Bukittinggi Kota Wisata akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kini, Bukittinggi Bertakbir akan dihelat di pelataran Jam Gadang.

Demikian kesepakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi dalam pertemuan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah, Asosiasi Pariwisata, Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Sanggar Kesenian, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD)  dan undangan lainnya, Rabu kemarin.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

Ketua PHBI Kota Bukittinggi Bapak H. Khaminir mengemukakan rencana pelaksanaan Kegiatan Takbiran dan Shalat Idul Fitri 1437 H, dimana untuk pelaksanaan takbiran kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya berupa pawai keliling kota sambil mengumandangkan gema takbir.

Senada dengan itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi  Muhammad Nur. M.Ag mengungkapkan bahwa pemikiran yang muncul dari Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bukittinggi untuk menggelar kegiatan takbiran yang dikemas dalam bentuk sebuah event di pelataran Jam Gadang perlu kita dukung bersama. Beribadah dalam seni yang bernuansa islam (ibadah ghairu magdah) perlu kita budayakan untuk memberikan nuansa baru.

Baca Juga : Alokasi Pupuk Bersubsidi di Solsel Berkurang, Tidak Cocok dengan Target Tanam

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi Bapak Drs. H. Melvi Abra. M.Si dalam paparannya menjelaskan, gagasan kegiatan ini dilandasi oleh ide sederhana yaitu memperluas ladang amal. Biasanya menyambut Idul Fitri dilakukan dengan kegiatan pawai kendaraan keliling kota sembari menggumandangkan gema takbir, kegiatan seperti ini tentu seiring dengan konsekuensinya akan menimbulkan kemacetan, kemudian ketidak efisienan penggunaan bahan bakan (mubazir), polusi udara dan sebagainya. Kemudian pada sisi lain disekitaran pusat kota  (Jam Gadang) dipenuhi oleh kegiatan masyarakat yang masih menggandung nilai-nilai hedonisme (hura-hura) seperti permainan mercon, kembang api dan sebagainya. Kita tentu berusaha untuk membuat segala sesuatu itu semakin hari semakin baik.

Rancangan kegiatan Bukittinggi Bertakbir ini akan dimulai pada pukul 16.00 diawali dengan pementasan seni religi seperti Nasyid, Garitiak Tabuah dan lain-lain. Dimana Panitia juga akan mengundang anak-anak dari Panti Asuhan diseantero Bukittinggi untuk bersama-sama berbagi kebahagiaan menyambut Idul Fitri. Kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan Shalat Magrib berjamaah. Setelah itu Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi bersama Forkompida dan tamu undangan beserta masyarakat yang hadir di pelataran Jam Gadang akan melaksanakan gema takbir bersama diiringi dengan pemukulan bedug. Selanjutnya penyampaian tausiah dan diakhiri dengan penyerahan santunan kepada anak-anak dari Panti Asuhan.

Baca Juga : Jadi Biang Kerok Banjir, DPRD Sumbar Dorong Percepatan Normalisasi Batang Lembang

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi dan Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bukittinggi sepakat untuk kegiatan Bukittinggi Bertakbir ini akan dijadikan sebagai Agenda Tahunan di kota Wisata itu. (h/dn/*)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]