Setiap Senin

Jalan Pasar Koto Baru X Koto Langganan Macet


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:05:30 WIB
Jalan Pasar Koto Baru X Koto Langganan Macet Bupati bersama tim dari provinsi saat meninjau lahan parkir pasar baru yang segera difungsikan untuk antisipasi kemacetan yang sering terjadi. (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Pasar Koto Baru X Koto yang berada di Jalan Negara Padang - Bukittinggi seringkali menimbulkan kemacetan panjang terutama setiap hari Senin.

Nagari Koto Baru, Ke­camatan X Koto sebagai salah satu sentra produksi hasil pertanian di Tanah Datar, tentunya pasar Koto Baru menjadi ramai didatangi ba­nyak pedagang dari berbagai daerah membeli berbagai hasil pertanian seperti wortel, kol, terung, seledri, daun bawang dan bermacam sayuran lainnya, yang kemudian dijual kembali ke berbagai daerah di Sumatera Barat bahkan ke provinsi te­tangga hingga ke pulau jawa.

Intensitas yang tinggi de­ngan adanya mobil berbagai ukuran melakukan bongkar muat di Pasar Koto Baru ini membuat lalu lintas seringkali terhambat. Pemerintah Kabu­paten Tanah Datar dan Provinsi Sumatera Barat sedang beru­paya mencari solusi konkrit untuk mengatasi hal tersebut.

Bupati Irdinansyah Tarmzi, di dampingi Asisten I Altri Suandi, SKPD terkait, Camat X Koto Herrison dan Wali­na­gari Koto Baru Muklis, meng­ung­kapkan, dalam jangka pen­dek telah ditemukan solusi me­ngatasi kemacetan di depan pasar Koto Baru melalui ma­najemen rekayasa lalu lintas pasar. “Segera kita siapkan lahan untuk dijadikan parkir yang berada di seberang pasar, lokasi ini bisa menampung mobil dan truk pedagang atau pengunjung,” kata bupati saat meninjau lokasi bersama tim Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Selasa (21/6).

Bupati Irdinansyah juga lang­sung menginstruksikan ja­jaran PU Tanah Datar untuk me­ngerahkan peralatan yang ada guna segera bekerja me­la­kukan pembersihan lahan (land clearing) dan di kesem­patan itu Dinas Prasjal dan Tarkim Pro­vinsi siap mem­bantu.

Di hadapan Asisten Eko­bang Provinsi Syafruddin dan Kadis Prasjal dan Tarkim Pro­vinsi  Soeprapto, bupati Irdi­nansyah Tarmizi berharap lokasi parkir sudah siap dipakai pada Senin mendatang se­hingga kemacetan dapat diatasi, apalagi menjelang lebaran arus lalu lintas semakin meningkat.

Bupati juga mengharapkan peran walinagari, ninik mamak dan pengelola pasar untuk mensosialisasikan kepada pe­dagang terkait keberadaan parkir baru sehingga pedagang secara sukarela memarkirkan kendaraannya di lokasi yang sudah disediakan.

Untuk program jangka me­ne­ngah solusinya adalah me­nyiap­kan jalur alternatif meng­hin­dari kepadatan arus lalu lin­tas di jalan utama se­dangkan un­tuk jangka panjang, peme­rin­tah Provinsi Sumatera Barat di­dukung penuh Peme­rintah Ka­bupaten Tanah Datar dan ninik ma­mak masyarakat se­tem­pat merencanakan pem­bangunan jalan by pass. (h/fma)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]