Empat Sekolah Raih Adiwiyata


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:08:53 WIB
Empat Sekolah Raih Adiwiyata

BUKITTINGGGI, HALUAN — Sebanyak empat sekolah di Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Sumbar tahun 2016. Empat sekolah tersebut, yakni SDN 13 Bukit Apit Puhun, SMPN 4, SMPN 5 dan SMKN 1 Bukittinggi.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Bukittinggi, Mardison, Rabu (22/6) mengatakan, penghargaan Adiwiyata yang diterima itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno kepada masing-masing kepala sekolah yang bersangkutan di Auditorium Gubernur Sumbar, Jumat (17/6).

Untuk tahun ini, ujarnya, ada sekitar 53 sekolah dari kabupaten/kota yang ditetap­kan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumbar. Dari 53 sekolah itu, empat sekolah di antaranya berasal dari Kota Bukittinggi. Kepala sekolah yang menerima peng­harga­an ini didampingi Sekdako, Yuen Karnova, Asisten II, Ismail Djohar dan dari KLH.

Menurut Mardison, keberhasilan yang dicapai sekolah ini tentunya berkat pem­binaan yang diberikan tim Adiwiyata tingkat Kota Bukittinggi beserta instansi lintas sektoral terkait, terutama KLH sebagai Leading sector. Di samping itu, juga berkat dukungan yang diberikan masya­rakat sekitar sekolah komite sekolah, para guru dan murid.

Dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata, KLH Kota Bukittinggi selalu siap mela­kukan pembinaan pada sekolah yang akan mengikuti seleksi sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan.

Sebab, pembinaan sekolah Adiwiyata merupakan agenda rutin setiap tahun, dengan  tujuan mengajak siswa untuk mencintai lingkungan hidup sejak usia dini, baik melalui pembelajaran di sekolah maupun praktek lapangan.

“Kita bersyukur, karena tahun ini ada empat sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi dan berharap tahun berikutnya akan mening­kat lagi sekolah yang meraih penghargaan adiwiyata. Karena kita menginginkan semua sekolah di Bukittinggi menjadi sekolah Adiwiyata,” harap Mardison.

Dalam kegiatan penyerahan peng­hargaan Adiwiyata itu, lanjut Mardison, Gubernur Sumbar juga menyerahkan dua buah Becak Motor (Betor) bak sampah untuk Kota Bukittingi. Betor tersebut diterima langsung oleh Sekdako, Yuen Karnova. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]