Pemko Optimalkan PAD Restribusi


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:10:24 WIB
Pemko Optimalkan PAD Restribusi

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi  akan berupaya untuk melakukan optimalisasi terhadap su­m­ber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terutama sekali yang berasal dari  retribusi daerah.

Di samping itu, Pemko Bukittinggi juga  berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana, ser­ta pe­layanan terhadap objek sum­ber-sumber pendapatan da­erah dengan melakukan pe­ng­galian potensi terhadap objek pendapatan daerah tersebut.

Demikian disampaikan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dalam rapat pari­purna dengan agenda tang­gapan walikota terkait pan­dangan umum DPRD Bukit­tinggi mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2015 yang berlangsung di Gedung DPRD Bukittinggi, Senin (20/6).

Ramlan mengakui, reali­sasi pendapatan retribusi daerah pada tahun 2015 memang belum mencapai target. Dari target sebesar Rp20,37 milliar realisasinya hanya mencapai 83 persen atau sekitar Rp17,03 miliar.

Tidak tercapainya target tersebut disebabkan, karena belum optimalnya penge­lola­an terhadap objek-objek retribusi, di antaranya regu­lasi retribusi yang kurang relevan, kebiasaan masya­rakat menunda pembayaran retribusi dan belum mak­simal­nya pengelolaan parkir di pinggir jalan.

Selain itu, juga adanya beberapa Satuan Kerja Pe­rang­kat Daerah (SKPD) yang belum mencapai target PAD, seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo), Dinas Pengelolaan Pasar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Untuk optimalisasi sum­ber–sumber PAD tersebut, pemerintah akan melakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala ten­tang per­kem­bangan pengelolaan pen­dapatan daerah, sehingga bila ditemui masalah segera di­carikan solusinya.

“Pemerintah daerah akan memaksimalkan proyeksi target pendapatan daerah dan evaluasi maupun revisi regu­lasi. Karena hal ini menjadi perhatian pemerintah ke depan dalam mengelola pen­dapatan daerah,” jelasnya.

Menurutnya, pada dasar­nya pandangan umum yang telah disampaikan DPRD merupakan masukan yang konstruktif untuk pem­bangu­nan dan peningkatan pelaya­nan bagi masyarakat. “Pemko Bukittinggi mengapresiasi dan berterima kasih atas masukan –masukan yang diberikan oleh anggota DP­RD Bukittinggi. Karena ini semua untuk pembangunan yang dijalankan,” pungkas Ramlan didampingi Wakil Walikota Bukittinggi, Ir­wandi. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]