Trump Dikuliti Obama, Biden dan Carter


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:14:23 WIB
Trump Dikuliti Obama, Biden dan Carter

WASHINGTON, HALUAN — Presiden Barack Obama, wakil presidennya dan menteri pertahanannya kompak menye­rang garis kebijakan calon presiden kubu Republik Donald Trump yang disebut mereka akan mengasingkan dunia Islam, sekutu dan tetangga-tetangga AS.

Berpidato di Washington, Wakil Pre­siden Joe Biden menyebut seruan Trump melarang muslim masuk ke AS sebagai cermin dari politik ketakutan dan keti­daktoleranan.

Baca Juga : Peringatan Tsunami Usai Gempa M 7 di Lepas Pantai Antartika

“Ada 1,4 miliar penduduk muslim di dunia. Retorika-retorika (Trump) yang saya dengar terdengar seperti merancang radikalisasi 1,4 miliar orang,” kata Biden.

Mengenai proposal Trump mendirikan dinding pemisah dengan Meksiko, Biden berkata, “Jika kita membangun tembok dan tidak menghormati tetangga kita, kita akan dengan cepat menyaksikan semua kema­juan ini pupus, digantikan oleh kembalinya antiamerikanisme.”

Baca Juga : Ketua DPR AS akan Kirim Tuduhan Resmi Pemakzulan Trump ke Senat 25 Januari 2021

Sedangkan Obama mengkritik keb­ijakan antiperdagangan bebas Trump saat berpidato pada sebuah konferensi me­ngenai investasi yang diadakan Depar­temen Keuangan AS.

“Ini bukan hanya soal pekerjaan dan perdagangan, ini juga bukan hanya perkara uang panas dan uang dingin. Ini juga menyangkut pembangunan hubungan di seluruh perbatasan,” kata Obama kepada 2.400 orang dari 70 negara.

Baca Juga : Jenderal Spanyol Mundur Setelah Menerima Vaksin Covid-19, Ternyata Ini Penyebabnya

Sedangkan Menteri Pertahanan Ash Carter mengkritik cara Trump mem­perlakukan sekutu AS dengan menyatakan bagian kritikal dari kepemimpinan AS adalah jejaring jangka panjangnya dengan para sekutu dan mitra di seluruh penjuru dunia.

“Sekutu kita di seluruh dunia telah berdiri di samping kita dan bertempur bersama kita, sepanjang waktu, dengan yang terkini di Irak, Afghanistan, dan saat melawan ISIS,” kata Carter seperti dikutip Reuters.(h/ans)

Baca Juga : Wah! Joe Biden Tempatkan Batu Bulan di Ruang Oval Gedung Putih

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]