Gaet Nasabah Tabungan Simpel

BNI Syariah Padang Gandeng Yayasan PGAI


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:23:48 WIB
BNI Syariah Padang Gandeng Yayasan PGAI

PADANG, HALUAN — BNI Syariah Padang menggandeng Yayasan Persatuan Guru-Guru Agama Islam (PGAI) Wilayah Padang untuk menggaet nasabah untuk program Simpanan Pelajar (SimPel). Kepala Cabang BNI Syariah Padang, Imam Samekto mengatakan, pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan PGAI Padang pada Mei 2016. Dalam kesepatan itu, ada 995 siswa di sekolah-sekolah di bawah Yayasan PGAI Padang yang diprospek untuk membuka rekening Simpel di BNI Syariah Padang.

“Hingga Juni ini, sudah sekitar 400 siswa yang mem­buka rekening baru di sini. Kami menargetkan 995 siswa tersebut membuat rekening baru di BNI Syariah Padang hingg Juli nanti,” ujar Imam kepada Haluan di kantornya, Jl. Belakang Olo Nomor 45 Padang, Rabu (22/6).

Setelah membuat kese­pakatan dengan PGAI Padang, pihaknya akan menan­data­ngani nota kesepahaman de­ngan sekolah-sekolah lain.

“Sudah ada dua sekolah yang bersedia bekerja sama dengan BNI Syariah Padang. Jumlah siswa dua sekolah tersebut 400 orang,” kata Edo Chandra, Sales Head BNI Syariah Padang mendampingi Imam.

Imam menjelaskan, SimPel adalah program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang wajib diterapkan oleh semua bank. SimPel pertama kali keluar pada pertengahan 2015. Namun, BNI Syariah Padang baru menjalankan program ini pada 2016.

SimPel adalah tabungan untuk siswa PAUD hingga sekolah menengah atas dengan persyaratan mudah dan seder­hana serta fitur menarik. Tu­juan program itu adalah mem­berikan kepada anak eduksi keuangan tentang produk tabu­ngan, mendorong budaya me­na­bung, dan melatih penge­lolaan keuangan sejak dini. Setoran awalnya minimal Rp­5.000, setoran selanjutnya Rp1.000.  Siswa dapat memi­liki tabungan atas nama sendiri.

“SimPel awalanya men­dukung program pemerintah di bidang pendidikan, seperti penyaluran beasiswa, bisa melalui Tabungan SimPel,” tutur Edo.

Sebelum kehadiran Sim­Pel, kata Imam, BNI Syariah sudah memiliki produk tabu­ngan untuk anak sekolah, yakni Tabungan iB Tunas Hasanah. Perbedaan iB Tunas Hasanah dengan SimPel, un­tuk mem­buka rekening Tabu­ngan iB Tunas Hasanah bisa pero­rangan. Orang tua bisa mema­kai KTP-nya untuk men­daf­tarkan anaknya dengan setoran awal Rp100 ribu, setoran se­lanjutnya Rp10.000. Semen­tara untuk membuka rekening SimPel dapat di­lakukan setelah sekolah be­kerja sama dengan bank.

“Tabungan iB Tunas Hasa­nah diluncurkan BNI Syariah se­jak 2013. Kelebihan tabu­ngan ini, siswa bisa memiliki kar­tu ATM dengan penarikan mak­simal Rp500 ribu,” kata Imam.

Edo menambahkan, tujuan Tabungan iB Tunas Hasanah adalah untuk memfasilitasi anak agar bisa belajar untuk mengakses bank sendiri. Biasa­nya, untuk melakukan itu, baru bisa dilakukan saat tamat SMA. (h/dib)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]