TSR Kunjungi Dusun Tubeket

Jaga Persatuan Demi Pembangunan Mentawai


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:45:04 WIB
Jaga Persatuan Demi Pembangunan Mentawai Penyerahan secara simbolis bantuan dari TSR Kabupaten Mentawai oleh Kabag Kesra Sekertariat kepada pengurus Masjid Nurul Huda, Dusun Tubeket, Senin (20/6). (FERDI)

MENTAWAI, HALUAN  — Tim Safari Ra­ma­dan (TSR) Kabupaten Kepulauan Mentawai men­gunjungi umat muslim di dusun Tubeket, Desa Makalok, Kecamatan Pagai Selatan, Senin, (20/6). Kegiatan TSR ini dilakukan guna mem­pererat silaturahmi dan menegaskan perwujudan persatuan dan kesatuan demi pembangunan di Kabupaten Mentawai.

Dalam kesempatan itu, rombongan menyerahkan ban­tuan pengembangan Masjid Nurul Huda, berupa 3 helai sajadah panjang, 12 helai sa­rung, 12 helai mukena, 12 eksemplar Alquran dan 12 Tafsir Al-Quran 12 buah.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Rombongan harus me­nem­puh perjalanan menantang badai untuk sampai di lokasi. Namun, perasaan takut be­rubah haru ketika kedatangan TSR disambut baik oleh Ma­syarakat Tubeket. Ketika sam­pai, rombongan disapa dengan senyuman dan suara anak-anak yang meramaikan masjid. Se­mua anak perempuan memakai hijab, sebab kawasan itu hanya dihuni 44 Kepala Keluarga yang seluruhnya beragama Islam.

Pengurus Masjid Nurul Huda, Radiman, me­nyam­pai­kan rasa syukur karena men­dapatkan perhatian dari Pem­kab Mentawai. Selain itu, dia berharap kedatangan rom­bo­ngan tersebut sekaligus untuk melihat kondisi pembangunan masjid yang terbengkalai. Di mana ruangan masjid saat ini tidak bisa menampung seluruh jemaah.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

“Kami selaku pengurus mengucapkan rasa syukur se­be­sar-besarnya atas kunjungan dan bantuan yang diberikan, yang menurut kami luar biasa, selain itu kondisi masjid kami, ruangannya cukup kecil, se­hingga pada salat berjemaah, seba­gian ada yang antri, “ ung­kapnya.

Kabag Kesra dan Ke­ma­sya­rakatan, Elvistion Saogo, dalam kesempata itu mengatakan, kegiatan TSR sudah dimulai sejak 6 juni pekan lalu, di mana tahun ini ada lima tempat yang dikunjungi, di antaranya Keca­matan Sipora Selatan, Siberut Utara, Siberut Barat Daya dan Kecamatan Pagai Selatan.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

“Kegiatan ini digelar demi menjaga persatuan dan kesa­tuan antar umat beragama, dalam mewujudkan pem­ba­ngunan di Mentawai. Di hari ini pula, rombongan TSR yang dipimpin Bupati Yudas Sabag­galet juga mengunjungi Desa Sinakkak, Kecamatan Pagai Selatan,” ucapnya

Kabag Humas Sekretariat Kabupaten Kepulauan Men­tawai Joni Anwar, dalam sam­butannya mengatakan, ke­giatan ini diisi dengan sila­turahmi antara pemerintah dengan masyarakat umat ber­agama sekaligus memberikan bantuan dan melihat kondisi pem­ba­ngunan di Daerah ter­sebut.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

“Setiap tahunnya kegiatan ini kita lakukan secara bergilir, jadi sama-sama kita sudah melihat kondisi bangunan mas­jid ini, untuk itu mari kita secara bersama mencari ban­tuan untuk pembangunan mas­jid ini agar lebih baik lagi,” Kata Joni Anwar yang memimpin TSR ini.

Selain itu Tim Medis yang ikut dalam TSR juga me­ngam­bil bagian untuk mem­berikan pelayanan kesehatan secara gratis, di mana dari data yang dihimpun Haluan, masyarakat yang berkunjung berobat ter­diri dari 60 pengobatan ringan, 10 pengecekan tensi dan 2 pasien konsultasi gizi.

“Sebenarnya kita terus memberikan pelayan kesehatan di setiap kegiatan ini kita lakuakan sebagai rasa ke­pe­dulian kita kepada sesama umat beragama. Salah satunya ber­tepatan kegiatan Safari Ra­madan, kita memberikan pela­yanan kesehatan secara gratis, “ Kata Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lah­muddin Siregar. (h/red)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]