Ramlan Nurmatias Bertindak Tegas

Parkir Kawasan Jam Gadang Disikat


Kamis, 23 Juni 2016 - 04:49:08 WIB
Parkir Kawasan Jam Gadang Disikat Walikota Bukittinggi, Ramlan Nur­matias.

BUKITTINGGI, HALUAN — Ratusan kendaraan bermotor roda dua yang parkir memenuhi kawasan depan Jam Gadang, Jalan Minangkabau, depan Pasar Bertingkat dan depan Ramayana, segera dipindahkan ke gedung eks bioskop Gloria, Sabtu (25/6). Wa­likota menginstruksikan kepada seluruh pim­pinan SKPD terkait, untuk segera men­sosialisasikan mulai Kamis ini, sehingga semua sepeda motor tidak ada lagi satu pun yang parkir di kawasan tersebut mulai Sabtu itu.

“Mulai besok (Kamis ini Red.) harus disosialisasikan sehingga masyarakat pemilik kendaraan tidak kaget saat kawasan itu harus diko­song­kan pada haris Sabtu depan,” tegas Walikota Ramlan Nur­matias, Dt Nan Basa, SH di depan sejumlah staf, di anta­ranya Kepala Satuan Pol PP Syafnir dan Kabag Humas Yulman ketikan meninjau langsung seluruh areal parkir di kawasan Pasar Atas, yakni di Jalan Minangkabau, depan taman Jam Gadang dan de­pan Pasar Bertingkat, Rabu (22/6).

Baca Juga : Gandeng ACT, Pemprov Sumbar Kirim Ribuan Ton Bantuan Pangan ke Sulbar dan Kalsel

Walikota yang didam­pingi Wakil Walikota Irwandi Dt. Batujuah dalam penin­jauan itu, mengingatkan ke­pa­da Kasat Pol PP Syafnir, agar semua areal yang telah di­kosongkan atau dibebaskan dari parkir nantinya, harus diawasi dengan konsisten, tehingga tidak ada lagi berani melanggarnya. Dengan de­mikian, kawasan jalan Mi­nang­kabau dan sekitar taman Jam Gadang akan ter­lihat indah, tertib dan mem­berikan kenyamanan kepada pe­ngun­jung.

Kepada Haluan walikota menjelaskan, persiapan par­kir di dalam gedung eks bios­kop Gloria sudah dise­lesaikan dan dapat menampung ratu­san kendaraan ruda dua di dalamnya. Saat ini memang khusus untuk kendaraan roda dua dicarikan solusinya di eks gedung bioskop itu yang pengelolaan parkirnya lang­sung oleh Pemko sendiri. “Pemko sendiri yang me­ngelola langsung, sehingga memberikan pemasukan yang efektif ke kas daerah,” kata walikota manambahkan.

Baca Juga : Jabatan IP Segera Berakhir, Kemendagri Belum Tetapkan Pjs Gubernur Sumbar

Sistem parkir di dalam gedung ini, menurut Walikota dilakukan system hitungan limit parkir, yaitu pada satu jam pertama Rp 2.000,- selnajutnya Rp 1.000,- per jamnya.

Dalam pemantauan Ha­luan kemarin, diperkirakan hampir seribu kendaraan roda dua setiap hari yang parkir pada kawasan Pasar Atas ini, terlebih pada situasi pasar menjelang lebaran, terutama parkir di kawasan jalan Minangkabau dan de­pan Jam Gadang.

Baca Juga : Jabatan Gubernur Sumbar Berakhir 12 Februari 2021

Walikota me­ngung­kap­kan, kawasan depan ta­man Jam Gadang ini memang dijadikan sebagai ruang ter­buka untuk public atau bareal pendestrian, sehingga harus be­bas parkir kendaraan. Ke­mu­dian pengamanan ter­hadap Jam Gadang juga dila­kukan dengan memperkuat fondasinya dengan menggali tanah di sekitar untuk diisi batu kali. Demikian Wa­likota Ramlan Nurmatias. (h/sms) 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]