Lelang Jabatan

DPRD Minta Gubernur Tak Salah Pilih


Kamis, 23 Juni 2016 - 05:01:21 WIB
DPRD Minta Gubernur Tak Salah Pilih

PADANG, HALUAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar meminta agar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tidak salah pilih pejabat eselon II yang direkrut dari seleksi lelang terbuka Pemprov Sumbar. 

Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Sumbar, Aristo Munandar, kepada Ha­luan kemarin di Padang me­ngatakan untuk lelang jabatan yang dilakukan Pemprov Sum­bar memang telah sesuai dengan aturan yang ada. Ha­nya saja karena ini untuk mengisi jabatan eselon II yang notabene nantinya menjadi pembantu tugas Gubernur diharapkan orang nomor 1 di Sumbar itu tidak salah pilih.

Baca Juga : Kota Padang Punya Kran Air Siap Minum, Ini Lokasinya

“Kami tentu tidak mengi­nginkan terjadi lagi seperti pencabutan kewenangan yang dilakukan pada enam pejabat eselon II saat ini. Karena ini sangat mengganggu kinerja di pemerintahan,”ungkapnya.

Apalagi enam jabatan yang dicabut ini sangat penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak. “Pendidikan misalnya, sebentar lagi juga akan ada penarikan kewena­ngan dari kabupaten/kota ke provinsi. Ini tidak main-main kerjanya,”tukasnya.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Targetkan Penurunan Kebocoran Air 1-2 % Tahun 2021

Ditegaskan Aristo, untuk memilih pejabat yang akan membantu tugasnya memang hak prerogatif seorang guber­nur. “Makanya kami dari DPRD hanya bisa memberikan saran agar gubernur sebagai pimpinan  bisa berkomunikasi dengan baik dengan bawa­hannya,”tuturnya.

Untuk diketahui Pemprov Sumbar telah melakukan se­lek­si terbuka untuk sejumlah jabatan eselon II di antaranya, Sekretaris DPRD Sumbar Ra­flis, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM yang diting­gal­kan Ahmad Kharisma, Kepala BPBD Sumbar Yazid Fadhli, Kepala Satpol PP diting­galkan almarhum Edi Aradial.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Genjot Kapasitas Produksi Air Bersih 50 Liter Per Detik

Dilanjutkan Kepala Dinas Per­tanian Tanaman Pangan dan Hortikultura yang diting­galkan Djoni, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Ali Musri, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Marzuki Mahdi, Kepala Badan Koor­dinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Masrul Zein, dan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Rah­mat Syahni.

Sementara yang terbaru yaitu, jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Trans­mgrasi dan Tenaga Kerja (Dis­na­ker­trans), Badan Kes­bang­pol, Biro Organisasi Setdaprov Sumbar, Asisten III Setdaprov Sumbar, dan Dinas Perin­dus­trian dan Perdagangan (Dis­perindag).

Baca Juga : Lanjutkan Program MBR, Perumda AM Kota Padang Tawarkan 5.000 SR Tahun Ini

“Sampai saat ini memang sudah ada yang mendaftar. Yang ikut itu beragam dari provinsi dan juga dari kabu­paten/kota. Kalau pun ada yang nasional akan kami tam­pung juga,”kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman beberapa waktu lalu.

 Ketika ditanya siapa saja yang telah menyatakan diri untuk ikut lelang jabatan ini dikatakan Jayadisman belum bisa diberikan karena masih dalam tahap penjaringan. 

“Seleksi terbuka untuk jabatan eselon II itu disebab­kan adanya pejabatnya telah memasuki masa pensiun ke­cuali untuk Staf Ahli Guber­nur Bidang Kemas­yara­katan dan SDM yang kembali ke kampus,”katanya. (h/isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]