900 TKI Dideportasi dari Malaysia


Kamis, 23 Juni 2016 - 05:03:01 WIB
900 TKI Dideportasi dari Malaysia Dua tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi pemerintah Malaysia menggendong anaknya turun dari kapal saat tiba di Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. (ANTARA)

PEKANBARU, HALUAN — Menjelang lebaran ini, ada 900 TKI dideportasi dari Malaysia. Mereka umumnya TKI tanpa dilengkapi do­kumen. Para TKI ini tiba di pela­bu­han Sri Bintang Internas­ional di Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (22/6/2016). Mereka tiba diangkut dengan dua kapal dari Ma­laysia pada pukul 19.00 WIB.

Para TKI ini terdiri dari orang dewasan dan anak-anak. Ada juga mereka yang dipulangkan dalam kondisi sakit.

Mereka dikembalikan ke tanah air, karena tidak me­miliki dokumen yang leng­kap. Rata-rata sebelum mereka dipulangkan sudah menjalani masa tahanan di penjara Malaysia.

“Sebelum dipulangkan, saya dipenjara 3 bulan di Malaysia. Saya ditangkap polisi Malaysia karena tidak memiliki dokumen. Dalam penjara pun kita jarang dika­sih makan,” cerita Arianto (34) seorang TKI.

Sementara itu, Satgas dari Rumah Penampungan Trauma Centre (RPTC) Tan­jungpinang, Wahyudi me­ngatakan, 900 TKI tadi ma­lam diinapkan di RPTC.

“ Seluruh TKI yang dide­portasi diinapkan di RPTC. Setelah itu nantinya akan dikembalikan ke kampung halamannya,” kata Wahyudi.

Untuk TKI asal Suma­tera, nantinya akan diangkut naik kapal ke Batam selan­jutnya ke daerahnya masing-masing. Sedangkan asal Jawa sekitarnya akan diangkut kapal menuju Jakarta.

“Dari sana nantinya akan dikembalikan ke kampung­nya masing-masing. Kita malam ini masih melakukan pendataan,” kata Wahyudi. (dtc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]