15 tahun Tidak Diberikan Hak

Mantan Dosen STIA LPPN Gugat Yayasan ke PHI


Kamis, 23 Juni 2016 - 16:13:59 WIB
Mantan Dosen STIA LPPN Gugat Yayasan ke PHI

Padang, Haluan – Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) Padang, kembali melanjutkan sidang gugatan terhadap kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Pembina Perguruan Nasional (STIA LPPN) yang digugat mantan dosennya Deltri Apriyeni, Kamis (23/6).

Dihadapan hakim Estiono, penggugat Deltri Apriyeni dalam nota kesimpulannya menyebut, dirinya merupakan salah satu korban dari pihak yayasan, dimana selaku dosen tetap, penggugat tidak pernah mendapatkan haknya berupa gaji pokok serta tunjangan. “Saya sudah mengabdi sejak tanggal 1 September 2000 hingga 3 September 2015 di STIA LPPN Padang, namun hingga saat ini, hak-hak saya selaku dosen tetap tidak pernah diberikan. Atas dasar itulah saya menggugat pihak yayasan,” sebut Deltri dalam nota kesimpulannya di Pengadilan PHI Padang, Kamis (23/6).

Baca Juga : Usai Lengser, Trump Disebut Hidup dalam Ketakutan

Tidak hanya itu, dalam kesimpulan ini penggugat juga menyebut, berdasarkan Surat Keterangan Penghasilan Nomor 219/E.14/STIA/2014 yang ditandatangani bendahara kampus pada 6 Oktober 2014, disebutkan bahwa gaji yang seharusnya diterima penggugat per bulan adalah Rp6.050.000. “Jika dihitung secara keseluruhan selama saya mengajar di kampus ini, setidaknya hak saya yang tidak dibayarkan totalnya mencapai Rp1.053.000.000, serta uang kalkulasi hak dari Undang-undang Tenaga Kerja sebesar Rp1.242.667.500,” ungkapnya.

Hal tersebut dinilai, ia tidak sesuai dengan pasal 51 ayat (1), Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang berbunyi bahwa dosen berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum, dan jaminan kesejahteraan sosial.

Baca Juga : Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS, Ini Beragam Komentar dan Harapan Massa

Usai mendengarkan kesimpulan penggugat ini, hakim Estiono menunda sidang hingga hari Senin (27/6) dengan agenda pembacaan putusan. (h/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]