Pessel Menuju Lingkungan Sehat

Prilaku Buang Air Besar Sembarangan Harus Diubah


Kamis, 23 Juni 2016 - 16:17:47 WIB
Prilaku Buang Air Besar Sembarangan Harus Diubah Masyarakat sedang mencuci di sungai, Pessel kini berupaya mewujudkan lingkungan sehat.

PAINAN, HALUAN-Kondisi sanitasi di sejumlah nagari di Pesisir Selatan masih buruk. Hingga kini bahkan masih saja ada warga yang buang air besar sembarangan (BABS). Daerah itu targetkan warga  sudah terpicu untuk mengubah prilaku yang tidak sehat.

 

Baca Juga : Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan Syahrizal Antoni Kamis (23/6) menyebutkan, prilaku BABS perlu di ubah oleh masyarakat dengan membuat jamban yang sehat."Perilaku BABS merupakan penyebab menularnya sejumlah penyakit, misalnya diare," katanya.


Selanjutnya Sekda Pessel Erizon menyebutkan, beberapa tahun lalu, Pessel sudah punya program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat. Program ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Sasaran dari program ini adalah masyarakat yang di lingkungannya belum memiliki fasilitas sanitasi yang layak. Tidak adanya fasilitas sanitasi ini menyebabkan masyarakat melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan akan menimbulkan berbagai dampak serta mengundang penyakit. 

Berdasarkan survey memang ditemukan sejumlah nagari di mana fasilitas sanitasi masih belum memadai. Nagari tersebut antara lain Lakitan, Kambang, Air Haji dan lain-lain. Dengan adanya data dari hasil survey ini menunjukkan bahwa masyarakat di nagari itu memerlukan sarana sanitasi yang memadai. Sarana sanitasi ini diperlukan agar tingkat kesehatan masyarakat naik sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya kesehatan yang diakibatkan permasalahan sanitasi yang buruk.(h/har)

Baca Juga : Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 %

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:50:25 WIB

    Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus

    Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Rabu (27/1/2021) terdapat 103 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.610 orang..
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:47:11 WIB

    Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 %

    Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 % Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Rabu (27/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 148 orang..
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:41:07 WIB

    Ketua DW IV Jurai Kabupaten Pessel Terima Penghargaan Sebagai Penggiat Literasi

    Ketua DW IV Jurai Kabupaten Pessel Terima Penghargaan Sebagai Penggiat Literasi Marhamah Betriadi menerima penghargaan sebagai Ketua Darmawanita IV Jurai Kabupaten Pessel sebagai Penggiat Literasi, dari Kepala Kantor Kementerian Agama. Berawal dari hobi membaca dan belajar menulis, serta ketertarikan den.
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:39:59 WIB

    Bupati Pessel Minta Masyarakat Gunakan Produk Lokal Karya UMKM

    Bupati Pessel Minta Masyarakat Gunakan Produk Lokal Karya UMKM Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meminta masyarakat untuk menggunakan produk lokal karya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sendiri. Karena dengan menggunakan produk lokal dalam keseharian akan turut mendukung pertumbuha.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 23:57:59 WIB

    Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

    Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), M.R. Karliansyah menawarkan empat pendekatan penanganan dan upaya pemulihan lingkungan di Kalimantan Selatan ke.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]