Satpol PP Siap Antisipasi Maraknya Gepeng


Jumat, 24 Juni 2016 - 04:35:43 WIB
Satpol PP Siap Antisipasi Maraknya Gepeng

SOLOK, HALUAN — Satuan Polisi Pa­mong Praja (Satpol PP) Kota Solok siap mengantisipasi anak jalanan, gelandangan dan pengemis musiman yang datang ke Kota Solok menjelang lebaran nanti sehingga Kota Solok tidak dibanjiri anak jalanan maupun gelandangan dan penge­mis.

“Saya bersama tim terus memantau permasalahan sosial itu karena biasanya menjelang lebaran Kota Solok banyak didatangi pengemis dari luar daerah mencari nafkah ke Kota Solok melalui belaian kasih dari orang-orang yang lewat,” jelas Kepala Satpol PP Kota Solok, Zulkar­naini menjawab Haluan di Kantor Balai Kota Solok Rabu (22/6)

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Kota Solok yang berada dijalur per­simpangan memang sangat rawan akan permasalahan sosial, seperti anak jalanan, gelandangan dan pengemis, namun yang paling mendominasi itu pengemis mu­siman dari luar Kota Solok. Pada H-4 samai H-1 biasanya sudah mulai ber­datangan sejak sore higgga larut malam.

Untuk mengendalikan pengemis itu, Satpol PP bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Solok mela­kukan pemantauan di lapangan sebab persoaan pengemis tidak bisa diselesaikan Satpol PP semata melainkan tindak lan­jutnya berada di Dinas Tenaga Kerja dan Sosial melakukan pembinaan.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Jika kondisi sangat rawan dan meng­ganggu arus lalu lintas maupun konsumen yang hendak berbelanja ke pasar Solok, Satpol PP bakal bertindak dengan me­nertibkan pengemis tersebut, kemudian diserahkan ke Dinas Tenaga Kerja dan Sosial untuk dilakukan pen­dataan sekal­igus memulangkan kedaerah asalnya.

“Satpol PP hanya sebatas mela­kukan operasi penertiban  sedangkan muaranya tetap berada pada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial,” beber Zul­karnaini.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Sebenarnya, terang Zulkarnaini, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial juga punya tanggung jawab untuk memantau per­kembangan anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang masuk Kota Solok, hanya saja untuk penindakan melalui operasi tetap berada di Satpol PP, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial bisa ber­koordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban.

Berpedoman pada tahun-tahun sebe­lumnya, berdasarkan pendataan yang dilakukan, para gelandangan dan pengemis itu memang didominasi penduduk luar Kota Solok, warga Kota Solok ada juga namun parsentasenya sangat rendah. (h/alf)

Baca Juga : Komisi I DPRD Solsel Terima Aspirasi Masyarakat saat Kunker di Kecamatan KPGD

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]