Pembangunan GOR Segera Dilakukan


Jumat, 24 Juni 2016 - 04:37:09 WIB
Pembangunan GOR Segera Dilakukan

SOLOK, HALUAN — Ke­pala Dinas Pemu­da Olahraga Kebudayaan Parawisata (DP­ORKP) Kota Solok, Dusral sangat kecewa pada Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD). Pasalnya, ia tidak diberi rekomendasi tentang status tanah yang sudah diusahakan untuk pem­bangunan Gelanggang Olah­raga (GOR) di Kota Solok.

“Tidak hanya pada Ketua BKPRD saya kecewa, ma­lahan pada Pj Walikota Solok Asrizal Asnan juga demikian karena ketika dilaporkan tentang sudah adanya kese­diaan pemilik tanah me­nyerahkan tanah untuk pem­bangunan GOR malahan ditang­gapi dingin. Pada hal untuk melakukan pendekatan agar tanah pembangunan GOR bisa disetujui pemilik lahan bukan gam­pang,” ujar Dusral kepada Haluan di kantornya Selasa (21/6) lalu.

Baca Juga : RSUD Lubuk Basung Siapkan 10 Tenaga Medis Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

Saya, lanjutnya, begitu dipercaya menjabat kepala DPORKP. “Target saya ba­gai­mana mencarikan lahan untuk pem­bangunan GOR karena Kota Solok sampai sekarang masih belum punya GOR yang representatif. Hampir 1,5 tahun menjabat kepala DPORKP, akhirnya niat mencari tanah pem­bangunan GOR terwujud. Namun dalam perjalanan ternyata tidak 1 suara dengan BKPRD karena rekomendasi dari unsur tersebut sangat penting,” bebernya lagi.

Dilain pihak, lanjut Dus­ral, DPRD Kota Solok sudah menyetujui anggaran untuk pembebasan lahan, tahun 2015 diang­garkan Rp2,5 miliar, kemudian 2016 Rp5 miliar lagi, sayangnya reko­mendasi tidak diberikan, begitu juga Pj Walikota As­rizal Asnan malahan me­nyambut dengan dingin. Ini menunjukan tidak adanya iktikat dalam membangun sarana olahraga yang dibu­tuhkan Kota Solok.

Baca Juga : Akhir Minggu, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Agam Semakin Diminati

Ada 7 lokasi yang disur­vey DPORKP untuk tanah pembangunan GOR, dari 7 lokasi itu mengerucut men­jadi 5 lokasi, kemudian dila­kukan lagi kajian dari ber­bagai aspek, akhirnya tinggal 3 lokasi yang dicadangkan. “Ke-3 lokasi itu sudah di­setujui pemilik lahan,” pa­parnya.

Di Sumatera Barat mung­kin Kota Solok yang belum punya GOR, pada hal jika sarana olahraga itu sudah ada, Kota Solok bisa pula sebagai tuan rumah Pekan olahraga provinsi (Porprov), kendati Kota Solok masih miskin sarana olahraga namun pada ajang Porprov tidaklah me­nge­cewakan. Berbagai ca­bang olahraga masih bisa dikuasai anak-anak Kota Solok.

Baca Juga : Pohon Tumbang di Tiku, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

Sekretaris BKPRD Viveri Andra yang ditanya Haluan disela-sela pembukaan bazar di pasar Solok mengakui rekomendasi dari timnya terlambat karena membu­tuhkan kajian terlebih dahulu. Tanah yang diusulkan DPO­RKP itu tidak serta merta disetujui saja, melainkan butuh kajian mendalam se­hingga tidak bermasalah nantinya.

“Kalau tidak salah dua hari lalu sudah ditan­data­ngani persetujuan oleh Ketua Tim Helmiyati, kita berterima kasih pada DPORKP yang besusah payah mencari lahan untuk GOR dan itu sangat dihargai sekali, status tanah yang diusulkan itu sudah disetujui dan langkah beri­kutnya ditinjau oleh Walikota Solok,” beber Viveri Andra, yang juga Kepala Bapppeda Kota Solok ini. (h/alf)

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]