Kota Solok Proyek Percontohan Penerapan KIA


Jumat, 24 Juni 2016 - 04:38:20 WIB
Kota Solok Proyek Percontohan Penerapan KIA Ilustrasi.

Solok, Haluan Kota Solok terpilih sebagai daerah pelaksana pertama penerapan KIA (Kartu Identitas Anak) pada tahun 2016.

Hal ini tak lepas dari pres­tasi Kota Solok dalam men­capai target nasional terhadap kepemilikan akte kelahiran pada tahun 2015, yang men­capai 80%. Prestasi meng­gembirakan sebagaimana di­sam­paikan oleh Sekretaris Daerah Kota Solok, Helmiyati, saat membuka secara resmi kegiatan Sosilisasi Penerapan KIA di Kota Solok tahun 2016, berlokasi di Aula Bap­peda, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Dibanding Tahun Lalu, Produksi Jagung di Agam Tahun 2020 Menurun

Ditambahkan beliau, ke­percayaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini se­kaligus merupakan tantangan bagi Kota Solok untuk menjadi yang terbaik juga nantinya dalam pelaksanaan penerapan Kartu Identitas Anak ini.  Penerbitan kartu identitas anak adalah sebagai bentuk peme­nuhan kewajiban kepemilikan dokumen identitas bagi setiap penduduk yang berusia kurang dari 17 tahun. Hal ini sebagai bentuk pengakuan negara ter­hadap warga negara, karena KIA merupakan slaah satu dokumen yang diberikan kepa­da anak untuk menjaga anak terlindungi hak-haknya.

Dalam upaya mendukung penerapan KIA di Kota Solok, Walikota Solok diwakili Sekda menghimbau agar seluruh sta­keholder yang terkait dalam penerapan KIA terutama Dinas Dukcapil, Camat hingga RT/RW lebih berperan aktif dalam mensosialisasikan, mengerakan serta mendorong anak dan orang tua anak usia 0-17 tahun untuk mengurus KIA. “Dengan kegiatan sosilisasi ini diha­rapkan dapat memberikan pencerahan, pemahaman kepa­da masyarakat terkait pene­rapan Permendagri No. 2 Ta­hun 2016 tentang kartu iden­titas anak”, jelas Nova Elfino, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok.

Baca Juga : Alhamdulillah! Tahun 2020 Agam Surplus Beras 120.000 Ton

Pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Solok direncanakan dimulai pelak­sanaannya pada akhir Juli 2016, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kegiatan sosialisasi pelaksanaan Kartu Identitas Anak di Kota Solok tahun 2016 ini diikuti oleh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok, Camat dan Lurah se-Kota Solok serta perwakilan Kepala Sekolah se Kota Solok dengan Na­rasum­ber Dra. Rustinah, M.Si, Ke­pala Seksi Pindah Datang Pen­duduk dalam Wilayah Indo­nesia Direktorat Pendaftaran Penduduk Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (h/rel/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]