Wako Minta Program Mabit Ditinjau Ulang


Jumat, 24 Juni 2016 - 04:39:52 WIB
Wako Minta Program Mabit Ditinjau Ulang WALIKOTA Solok, Zul Elfian berdialog dengan jemaah Masjid Nurul Ilmi. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Prog­ram Malam bina iman Taqwa (Mabit) yang dilaksanakan untuk pelajar SMP dan SLTA di Kota Solok segera ditinjau ulang kembali untuk penyem­purnaan karena hampir 5 tahun program Mabit tentu ada kele­mahan dan kekurangan.

“Saya sudah minta berbagai kalangan melalui Kabag sosial untuk bisa mengkaji kembali program Mabit yang diusung sejak 5 tahun lalu sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai dengan baik terutama dalam memperdalam ajaran Islam,” jelas Walikota Solok Zul Elfian dihadapan jemaah mesjid Nu­rul Ilmi beberapa malam lalu.

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

Pada awalnya, program Mabit itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelajar tingkat SMP dan SMA dibidang agama Islam, sebab selama berada di sekolah, siswa sangat minim sekali menimba ilmu dibidang agama Islam. Makanya untuk menambah pengetahuan dilakukan Mabit, sistimnya, siswa SMP dan SMA di Kota Solok sekali dalam seminggu berkunjung ke mas­jid terdekat dibawa pengawasan guru-gurunya.

Selama 1,5 jam, mulai dari salat Magrib sampai shalat Isya, siswa berada di masjid me­nimba ilmu pengetahuan dari guru-guru agama, ulama mau­pun penceramah yang sudah ditentukan oleh sekolah mau­pun tim Mabit. Setelah 5 tahun program itu berjalan, perlu dilakukan evaluasi karena banyak kekurangan selama melaksanakan Mabit.

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

Salah satunya, jelas Zul Elfian, anak-anak usai Mabit banyak berkeliaran dengan teman-temannya, tidak ada lagi kontrol dari guru sehingga banyak laporan dari orangtua dan masyarakat tentang prilaku siswa usai Mabit.

Ke depannya, Program Mabit tetap dilanjutkan, hanya saja orangtua dilibatkan dalam pengawasan di mesjid, kapan perlu orangtua ikut meng­antarkan anaknya ke mesjid, begitu juga kalangan Pegawai Negeri Sipil di Kota Solok juga dianjurkan ke masjid terdekat untuk bisa menambah penge­tahuan bidang agama. (h/alf)

Baca Juga : Berikut Rincian Sumber Bantuan Bencana Banjir Bandang Solsel 2019

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]