Pemerintah Diminta Tingkatkan Mutu Pendidikan


Jumat, 24 Juni 2016 - 04:50:28 WIB
Pemerintah Diminta Tingkatkan Mutu Pendidikan DIPERINTAHKAN Bupati, Asisten I bidang pemerintahan, Dalisman Darsah mencek kehadiran walinagari satu per satu. Sebanyak 26 walinagari hadir, dari total 37 nagari. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Wakil Ketua DPRD Pasaman, Ir Bona Lubis meminta, pe­merintah setempat mening­katkan mutu pendidikan dise­jumlah sekolah di daerah itu, khususnya di wilayah Rao Utara.

Sebab, kata legislator dae­rah pemilihan (dapil) lima Rao ini, diwilayahnya (Rao Utara) mutu sekolah, baik SD, SMP dan SMA masih tertinggal jauh bila dibandingkan dengan seko­lah lainnya di daerah itu.

“Masih sangat tinggal jauh. Di Rao Utara ada dua SMP dan satu SMA. Sekolah itu kurang diminati gegara mutunya yang masih tertinggal jauh dari sekolah lainnya,” kata Bona di Kotanopan, baru-baru ini.

Akibatnya, kata Bona, se­ko­lah itu sepi peminat, sehingga jumlahnya siswa setiap tahun ajaran baru terus menyusut. Ditambah lagi, kata dia, para orang tua setempat cenderung menyekolahkan anaknya di­tem­pat lain ketimbang di se­kolah di kecamatan itu.

“Banyak orang tua dan anaknya lebih memilih ber­sekolah ke Rao dan Lu­buk­sikaping. Mohon, ini jadi ca­tatan bagi pemangku kepen­tingan di Dinas Pendidikan,” seru Bona.

Pihaknya juga menemukan, sejumlah sekolah minim guru PNS. Kebanyakan, kata dia, sekolah hanya mengandalkan guru honor sukarela dalam mendidik anak.

Padahal, kata Bona, para guru honorer tersebut masih minim kompetensi dan jam terbang. Itu, kata dia, menjadi salah satu penyebab rendahnya mutu sekolah di Utara Pasaman itu.

“Seperti di SD Negeri 5 Kotanopan, jumlah rombel enam, guru PNS cuma dua orang, selebihnya hanya diisi guru honorer dan tenaga suka­rela. Ini mohon jadi perhatian pemerintah,” katanya.

Selaku wakil rakyat di DPRD setempat, ia men­du­kung kebijakan pemerintah mengangkat tenaga guru kon­trak secara bertahap. Cara itu, diakuinya sebagai upaya men­jawab kekurangan guru di daerah itu.

“Kita dukung, itu kan po­sitif dan sangat baik untuk mengisi kekurangan guru. Kita pun di DPRD akan mendukung itu,” ucapnya.

Untuk diketahui, tahun ini, Pemkab Pasaman melalui Di­nas Pendidikan setempat, se­dikitnya merekrut 150 orang tenaga guru. Terdiri dari, 75 guru SD, 25 guru SMP dan 50 guru SMA.

Sementara pada 2017 men­datang, pemkab setempat meren­canakan akan merekrut lebih dari 500 guru kontrak, untuk disebar disejumlah se­kolah yang masih kekurangan guru. (h/mg-yud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]