Solok Selatan Batal Gelar TdS


Jumat, 24 Juni 2016 - 05:22:52 WIB
Solok Selatan Batal Gelar TdS

SOLSEL,HALUAN — Pemkab Solok Selatan (Solsel) merasa terkejut atas pemberitaan sepihak dari Dinas  Pekerjaan Umum (PU) Sumbar kepada Kementerian Pariwisata atas pembatalan Tour de Singkarak (TdS) 2016 di Solok Selatan.

“Kami telah meng­hu­bungi pihak Dinas Par­iwisata Sumbar atas pembatalan TdS di Solsel. Dan pihak dinas pariwisata Sumbar pun ter­kejut mendengar kabar itu, bahkan menurut kepala di­nas, wakil gubernur pun tidak mengetahui pem­ba­talan itu,”kata Kepala Dis­budparpora Solsel, Doni Hendra, Kamis (23/6).

Menurutnya, pada prin­sipnya sebagai tuan rumah Solsel menyatakan kesiapan untuk penyelenggaraan TdS di daerah itu. “Kalau alasan akses jalan bukan ke­we­nangan kami, seharusnya jika memang dibatalkan tentu gubernur atau wakil gubernur mengetahui hal itu,”tegasnya.

Bahkan, pihak Pemkab Solsel telah mempersiapkan iven yang besar dalam bulan Agustus, seiring dengan TdS.”Diantaranya, Festival Sarantau Sasurambi, pe­milihan uda uni Solsel dan peresmian jalur pendakian Gunung Kerinci. Pemkab Solsel siap untuk iven TdS dan kami tidak terima pem­batalan itu,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gu­bernur Sumatera Barat Nas­rul Abit mengklaim per­siapan Tour de Singgkarak (TdS) hingga saat ini telah mencapai 60 persen.

Untuk persiapan pe­nye­lenggaraan pi­hak provinsi sudah me­ngadakan per­te­muan dengan Kementerian Pariwisata serta kabupaten/kota.

Pemerintah telah me­nyiap­kan dana untuk pe­nyelenggaran ajang TdS 2016 ditambah dana dari 18 pemerintah kabupaten dan kota yang wilayahnya dilalui rute lomba. ”Dana untuk penyelenggaraan sudah ada. Ditambah dengan persiapan dari kabupaten dan kota,” Sebut Nasrul Abit beberapa waktu lalu.

Nasrul Abit meyakini persiapaan akan rampung menjelang deadline waktu yang telah ditetapkan. “Saya belum dapat laporan ang­garannya berapa. Tapi saya yakin persiapan dari segi ang­garan kita siap,” tan­dasnya. (h/jef)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]