Digerogoti Batang Sinamar

Jembatan Sungai Rimbang Terancam Putus


Jumat, 24 Juni 2016 - 05:28:55 WIB
Jembatan Sungai Rimbang Terancam Putus

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Aliran batang Sinamar mulai menggerogoti fasilitas umum dan areal pertanian di Kenagarian Sungai Rimbang, Kecamatan Suliki. Tak hanya mengancam pondasi jembatan gantung, aliran sungai itu juga terus menggerus lokasi balai adat serta puluhan hektare sawah penduduk.

Pj. Wali Nagari Sungai Rimbang, Yeni menyam­paikan hal itu di hadapan Tim Safari Ramadan (TSR) Pe­merintahan Kabupaten Li­mapuluh Kota, yang dipimpin Ketua DPRD Syafarudin Dt. Bandaro Rajo, SH dan Wendi Chandra, ST di Masjid Isti­qomah Jorong Lombah, Na­gari Sungai Rimbang, Rabu (22/6) malam.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22 %

“Kami berharap kondisi jembatan dan balai adat yang seperti ini menjadi perhatian serius dari Pemkab Lima­puluh Kota. Dikhawatirkan jembatan gantung yang meng­hubungan sejumlah jorong di seberang Batang Sinamar ini akan rusak dan putus, karena pondasi pra­sarana penyeberangan itu semakin tergerus aliran su­ngai,” ujar Yeni.

Selain itu Yeni juga meng­harapkan pem­ba­ngu­nan jembatan permanen agar sejumlah jorong di Seberang Batang Sinamar seperti, jo­rong Lombah dan Ateh Koto bisa ditempuh roda empat. Selama ini sejumlah jorong itu hanya bisa ditempuh de­ngan jalan kaki atau roda dua melewati jembatan gan­tung.

Baca Juga : Angka Kesembuham Covid-19 di Sumbar Mencapai 91,89 %

Menjawab aspirasi itu, Wendi Chandra mengatakan, normalisasi Batang Sinamar sudah harus menjadi prio­ritas. Sebab, wakil rakyat wilayah pemilihan Ke­ca­matan Suliki itu tahu persis pondasi jembatan, balai adat dan sawah penduduk di Su­ngai Rimbang memang se­makin terancam aliran Ba­tang Sinamar.

“Benar, kita butuh pe­ma­sangan batu baronjong di ti­ap pangkal jembatan gan­tung. Selain itu juga buat se­jumlah lokasi belokan su­ngai yang rawan tergerus ali­ran su­ngai. Bila tidak se­gera di­pasangi batu baron­jong, kita khawatir sawah pen­du­duk di sepanjang aliran Ba­tang Si­namar ini akan ikut men­jadi sungai,” papar Wen­di.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 34 Orang

Dalam kesempatan itu pengurus Masjid Istiqamah juga menyalurkan santunan bagi 52 anak yatim di Jorong Lombah. Sementara pimpi­nan rombongan safari Ra­madan melalui Wendi me­nye­rahkan bantuan lima lem­bar tikar buat Masjid Isti­qa­mah. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]