TSR Pemprov Sumbar di Sijunjung

Pendidikan Anak Pengaruhi Pembangunan Masa Depan


Jumat, 24 Juni 2016 - 05:42:35 WIB
Pendidikan Anak Pengaruhi Pembangunan Masa Depan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, saat memberikan arahan dalam kunjungan TSR Pemprov Sumbar di Masjid Nurul Huda Aie Amo Sumua Janiah, Sijunjung, Rabu (22/6). (HUMAS PEMPROV)

PADANG, HALUAN — Untuk memajukan Sumber Daya Manusia Sumatera Barat, diharapkan kepada orang tua untuk menyekolahkan anaknya setinggi mungkin. Jangan ada lagi anak-anak yang putus sekolah. Karena saat ini persaingan kemajuan zaman tidak terlepas dari kemajuan dunia pendidikan dan tingkat pendidikan masyarakat.

Arahan itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Nas­rul Abit dalam sambutannya pada kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) Pemprov Sum­­bar di Masjid Nurul Huda Na­g­ari Aie Amo Sumur Janiah, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Si­junjung, Rabu, ( 22/6).

Baca Juga : Dilarang Kumpulkan Donasi di Lampu Merah, Ketua LKAAM Sumbar: Kegiatan Itu Menghina Orang Minang, Secara Adat Memalukan

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Pariwasata Busharman Bur, Kadis Per­hubungan Amran, Kadis Pe­rikanan Yosmeri, Kadis DPKD, Biro Sosial, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin serta beberapa kepala dinas di lingkungan Pemkab Sijunjung. Wakil Gu­bernur Nasrul Abit dalam ke­sempatan itu juga me­nyerahkan tiga gulung tikar dan bantuan senilai Rp20 juta untuk pe­ngembangan masjid.

Lebih lanjut Wagub me­nyam­paikan, selama ini di­sadari bahwa kelemahan dae­rah-daerah yang terbelakang pembangunannya dikarenakan tingkat pendidikan masyarakat yang rendah, sehingga ke­mampuan untuk memajukan kehi­dupan keluarga juga sangat le­mah, apalagi untuk me­ma­jukan kehidupan di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Baca Juga : 16 Februari 2021 Masa Jabatan Berakhir, Bupati Ali Mukhni Harapkan Pembangunan Padang Pariaman Dilanjutkan

Setidaknya, lanjutnya, un­tuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS), seseorang harus tamat strata satu atau bertitel sarjana. Sedangkan untuk ta­matan SMA, saat ini hampir tidak ada tempat, kecuali untuk satuan pengamanan. Maalah masih lebih baik nasib anak-anak yang tamatan SMK, ka­rena dapat secara langsung mengabdikan diri untuk mem­buka lahan pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki saat sekolah.

“Dalam meningkatkan ke­sejah­teraan masyarakat, ma­syarakat tidak boleh lagi ber­lalai-lalai dengan waktu. Jangan ada lagi masyarakat yang lebih lama menyia-nyiakan waktunya di kedai, tanpa ada pro­duk­tifitas,” kata Nasrul.

Baca Juga : Sebanyak 1.805 Nakes di Kabupaten Pessel Ditargetkan Selesai Divaksin Januari 2021

Di­je­laskannya lagi, ma­syarakat sudah terlalu lama terlena dalam kesenangan yang ti­dak sehat. Bertemu dan mera­mikan ‘lapau’ memang me­ru­pakan budaya yang baik dalam memajukan komunikasi dan pengetahuan, akan tetapi me­nurutnya tidak mesti dilak­ukan setiap hari, sehingga me­nga­baikan tanggung jawab dalam mencari pendapatan.

“Saya yakin untuk bermain di kedai itu membutuhkan uang, minimal untuk beli kopi, jika kita tidak punya pen­dapatan apa yang akan terjadi.  Oleh karena itu kami mengajak, seluruh masyarakat Sumatera Barat untuk selalu beraktifitas yang produktif dan me­man­faatkan waktu sebaik-baiknya,” imbaunya lagi

Baca Juga : Update Kasus Covid-19 di Kabupaten Pessel, 12 Positif dan 2 Sembuh

Selanjutnya dijelaskan Wa­gub, dalam memacu daya saing daerah, Sumbar mesti memiliki generasi yang baik, cerdas, ber­taqwa dan mengikuti ke­majuan teknologi. Oleh karena butuh peran dan perhatian para orang­tua, ninik mamak, bundo kanduang dan masyarakat da­lam menjaga generasi, agar terjauh dari narkoba, pergaulan bebas serta hal-hal lain yang merusak kehidupan.

Bupati Yuswir Arifin dalam kesempatan itu menyampaikan, pembangunan Kabupaten Si­jun­jung terus melakukan ber­bagai penyempurnaan infra­struktur, terutama jalan. Ter­masuk di Nagari Aie Amo, yang merupakan daerah Ka­bu­paten Sijunjung paling Selatan.

“Nagari Aie Amo ini me­rupakan daerah yang ma­sya­rakatnya hidup berkebun dan bertani. Pemkab Sijunjung akan terus memajukan pem­ba­ngu­nan daerah-daerah pingiran agar setara dengan daerah perkotaan. Oleh karena itu dukungan dan partisipasi ma­syarakat untuk kemajuan dae­rah amat dibu­tuhkan,” ka­tanya. (rel/isq)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]