Babak 16 Besar Piala Eropa

Jalur Kuda Hitam Lawan Jalur Neraka


Jumat, 24 Juni 2016 - 06:07:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jalur Kuda Hitam Lawan Jalur Neraka

PARIS, HALUAN — Sebanyak 16 tim akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 setelah babak penyisihan grup rampung digelar pada Rabu (22/6) atau Kamis dini hari WIB.  Bagan 16 besar sendiri terbagi dalam dua jalur yaitu bagan tim kuda hitam dan bagan grup neraka.

Bagan fase gugur Piala Eropa 2016 terlihat “berat sebelah” karena para tim yang pernah merasakan gelar juara kompetisi antarnegara di Benua Biru ini berkumpul disatu sisi. Dengan begitu, dipastikan bahwa maksimal hanya ada satu tim juara pada partai puncak.

Jerman juara Piala Eropa tiga kali dan Perancis juara Piala Eropa 1984 dan 2000 berada di sisi bagan yang sama dengan Spanyol dan Italia fase gugur. Keduanya paling mungkin bersua pada semifinal.

Sisi lain bagan fase gugur diisi oleh tim-tim kejutan dan kuda hitam. Portugal atau Kroasia dan Belgia berpeluang bertemu pada babak semifinal.   Bagan pertama adalah Swis melawan Polandia, Kroasia bertemu Por­tugal, Wales menghadapi Irlandia Utara dan Hungaria berjumpa Belgia. Sementara itu bagan dari grup neraka adalah Jerman ber­temu Slovakia, Italia jumpa Spa­nyol, Prancis menghadapi Repuplik Irlandia dan Inggris bertemu Islandia.

Untuk kali pertama, putaran final Piala Eropa diikuti oleh 24 tim alias lebih banyak dari format 16 tim yang dipergunakan sejak 1996. Dalam format terkini, ke-24 tim itu dibagi ke dalam enam grup berisikan empat tim.Nah, dari sinilah kemudian muncul sesuatu yang baru. Tiket babak 16 besar bukan cuma diperebutkan oleh juara grup dan runner-up grup, karena dengan begitu cuma akan ada 12 tim, melainkan juga empat tim dengan peringkat tiga terbaik.

Pada prosesnya posisi 1 dan 2 masing-masing grup memun­culkan nama (secara berurutan); Prancis dan Swiss (Grup A), Wales dan Inggris (Grup B), Jerman dan Polandia (Grup C), Kroasia dan Spanyol (Grup D), Italia dan Belgia (Grup E), dan Hongaria dan Islandia (Grup F).

Lantas bagaimana dengan tim-tim yang berperingkat tiga? Mengingat cuma ada empat tiket yang diperebutkan maka ada dua tim peringkat tiga yang tersisih. Empat tim dengan peringkat tiga terbaik ditentukan oleh kriteria berikut, jumlah poin tertinggi, selisih gol terbaik, jumlah gol, tindakan fair play di putaran final dan  posisi koefisien peringkat tim nasional di UEFA. Hal itu didapatkan oleh Slovakia, Re­puplik Irlandia, Portugal dan Irlandia Utara.

Enam tim yang menduduki peringkat ketiga adalah Slovakia, Repuplik Irlandia, Portugal, Irlandia Utara, Albania dan Turki. Slovakia dan Repuplik Irlandia sama-sama mengumpulkan em­pat poin. Sementara itu empat tim lainnya sama-sama mengum­pulkan tiga poin. Namun secara selisih gol, Portugal dan Irlandia Utara lebih baik ketimbang Turki dan Albania.(h/san)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 November 2018 - 19:23:52 WIB

    Jalur TdS Etape V Limapuluh Kota 'Dihantui' Jalan Berlumpur dan Bau

    Jalur TdS Etape V Limapuluh Kota 'Dihantui' Jalan Berlumpur dan Bau LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Ratusan pebalap sepeda Tour de Singkarak (TdS) bakal terkejut melintasi sejumlah ruas di jalur etape V yang diselenggarakan pada  Kamis (8/11). Setelah star di kantor Bupati Limapuluh Kota,.
  • Jumat, 02 November 2018 - 11:40:08 WIB

    Alat Berat Disiagakan di Jalur TdS Kelok 44

    Alat Berat Disiagakan di Jalur TdS Kelok 44 AGAM, HARIANHALUAN.COM - Jalur ekstrem kelok 44 menjadi prioritas perhatian dalam penyelenggaraan TdS.  Monitoring dan pemantauan dilakukan setiap saat, mengingat cuaca ekstrem yang tidak menentu, apalagi terhadap titik rawa.
  • Senin, 04 Januari 2016 - 03:07:32 WIB

    MU Kembali ke Jalur Kemenangan

    MANCHESTER, HA­LUAN — Puasa ke­menangan Manchester United di delapan per­tandingan terakhir resmi usai setelah mereka me­nang 2-1 kala menjamu Swansea City di pekan ke-20 Premier Lea­gue di Old Trafford Sab­tu, (2/1.
  • Rabu, 30 Desember 2015 - 02:28:10 WIB

    Arsenal Kembali ke Jalur Kemenangan

    Arsenal Kembali ke Jalur Kemenangan London, Haluan — Arsenal memetik ke­me­nangan 2-0 kala menjamu Bournemouth di lanjutan Premier League Selasa (29/12) di Emirates Stadium. Tiga poin ini menebus ke­kalahan telak 0-4 Arsenal dari Southampton di laga Boxin.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM