Komite Madrasah Dilarang Pungut Sumbangan ke Wali Murid tanpa Musyawarah


Jumat, 24 Juni 2016 - 15:42:57 WIB
Komite Madrasah Dilarang Pungut Sumbangan ke Wali Murid tanpa Musyawarah Ilustrasi komite madrasah

PADANG, HALUAN -- Komite Madrasah dilarang memungut sumbangan kepada orangtua/wali murid tanpa  melalui musyawarah. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Drs.H. Artis Arjun, MPd menegaskan hal itu menjawab Haluan di Padang Jumat (24/6).

Dikemukakannya sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Nomor : 2913 Tahun 2015 tanggal 20 Mei 2015 tentang Petunjuk Teknis Struktur Organisasi dan Pengelolaan Dana Komite ditegaskan bahwa dana komite madrasah yang bersumber dari masyarakat diperoleh dan dilaksanakan melalui komite madrasah berdasarkan musyawarah.

Pengumpulan sumbangan dari masyarakat tersebut termasuk dari orang tua/wali siswa hanya boleh dilakukan untuk membiayai kegiatan yang tidak dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Perlu ditegaskan lagi bahwa pengelolaan dana komite harus transparan dan tak boleh tumpang tindih,” kata Artis Arjun yang sudah menduduki sejumlah jabatan eselon III di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. (h/aye)

 

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 April 2016 - 05:05:51 WIB
    Penarikan Kewenangan SMA/SMK

    Uang Komite Jadi Sorotan DPRD Sumbar

    PADANG, HALUAN – Ko­misi V Bidang Kesejahteraan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar mengatakan perlu pem­baha­san mendalam mengenai pe­na­rikan kewenangan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) ke provin.
  • Rabu, 06 Mei 2015 - 19:08:54 WIB

    Sekolah Gratis, Buat Dilema Komite dan Sekolah

    DISDIK : PUNGUTAN DILARANG, SUMBANGAN TAK MASALAH

    PADANG, HALUAN — Tahun ajaran baru 2015/2016 akan masuk oleh pelajar atau siswa baru. Namun, dilema pen­didikan gratis masih me.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM