Danau Singkarak, Eksotisme Alam Nan Memikat


Sabtu, 25 Juni 2016 - 02:35:01 WIB
Danau Singkarak, Eksotisme Alam Nan Memikat

Dari mulai masyarakat Indonesia hingga ke mancanegara, pasti sudah mengenail Danau Singkarak. Sebuah danau vulkanik yang terletak di jantung Sumatera Barat. Dengan pemandangan yang sangat eksotis, Danau Singkarak layak dijadikan sebagai salah satu kunjungan wajib jika kita berwisata ke Ranah Minang.

Danau Singkarak ter­letak pada geografis koor­dinat 0, 36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bu­jur Timur (BT) dengan ke­tinggian 363,5 meter diatas permukaan laut (mdpl). Luas permukaan air Danau Singkarak mencapai 11. 200 hektar dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dan kedalaman 268 meter. Da­nau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 me­limeter per bulan.

Baca Juga : Ingat! Bukan Urusan Sepele, Tapi Sering Dianggap Sepele

Danau Singkarak yang berada di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba yang ada di Pulau Sumatra. Danau ini memiliki luas 107,8 m2 dan berada di ketinggian 36,5 meter dari permukaan laut yang ter­letak di dua kabupaten Solok dan Tanah Datar.

Menurut cerita, danau yang juga merupakan hulu Sungai Batang Ombilin ini dahulu memang merupa­kan lautan luas. Namun karena terjadi sebuah peris­tiwa yang luar biasa, air laut tersebut menyusut hingga saat ini lebih dikenal de­ngan Danau Singkarak.

Baca Juga : Awas! Inilah Dosa Jariyah yang Terus Mengalir

Berbicara masalah Da­nau Singkarak, selalu men­jadi topik pembahasan yang menarik untuk dibahas. Sebab Danau Singkarak meninggalkan banyak ce­rita dan pristiwa, tak jarang jika hari libur tiba Danau Singkarak selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan baik local mau­pun wisatawan manca­ne­gara ketika ke Sumatera Barat selalu menyempatkan diri untuk berwisata ke Danau Singkarak.

Danau Singkarak juga terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spe­sies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium  kecuali di Danau Singkarak. Danau Sing­karak berjarak 70 km dari Padang, 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bu­kittinggi.

Baca Juga : Kolonel TNI Mati Dibunuh Rekan Sendiri Cuma Gara-gara Politik

Dari bandara interna­sional Minangkabau, Anda dapat menyewa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan ke­mu­dian mengambil trans­por­tasi lain ke danau. Perja­lanan ini akan membawa Anda melewati kawasan Sitinjau Laut yang terkenal dengan tikungan  tajam dan ngarai curam.

Memang tak bisa di­pungkiri, pemandangan di sekitar obyek wisata alam ini begitu menawan. Begitu fantastis. Mata ini tak bosan melihat hamparan air kebiruan yang jernih dengan riak-riak kecil mengiringinya. Juga, butiran pasir halus yang mem­bentang di bibir danau. Di tengah danau, perahu kecil milik nelayan sedang menga­rungi danau yang tenang, tempat bersemayam aneka jenis ikan. Juga hilir mudik perahu motor atau becak da­nau yang disewakan bagi wisatawan.

Baca Juga : Apakah Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia?

Pohon-pohon yang tum­buh di sepanjang tepian da­nau menjadi pembatas antara daratan dan air. Bahkan bebe­rapa sudut ada areal per­sawa­han yang menghijau, mem­buat suasana semakin tentram. Apalagi, hamparan Bukit Ba­risan melatarbelakanginya tanpa batas, dan dari kejahuan bisa disaksikan Gunung Sing­galang dan  Marapi yang berdiri gagah seolah menjaga ketenangan danau ini.

Lingkungan yang asri, ha­wa­nya yang sejuk, suasa­nanya yang tenang, da­mai, aman dan nya­man menjadi pesona bagi yang mengunjunginya. Pe­sona Danau Sing­ka­rak, me­mang tak pernah habis ka­lau diceritakan. Karenanya danau terbesar kedua di Sumatera, setelah danau Toba menjadi pri­madona bagi Sumbar menjadi dae­rah tujuan wisata unggulan, sekaligus menjadi destinasi pelengkap bagi wisatawan yang berwisata ke provinsi.

Danau Singkarak bera­da di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Ta­nah Datar. Dengan luas 107,8 km² danau ini meru­pakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bu­kit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan ge­nerator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Pa­dang Pariaman.

Lokasi Danau seluas 129.70 Km2 ini juga sangat strategis, berada di pinggir jalan antara Kabupaten Ta­nah Datar dan Solok. Lan­taran lokasinya mudah di­jang­kau, sehingga wisa­tawan dapat menikmati pemanda­ngan dari sisi yang di­kehen­daki di pinggir danau yang berliku-liku, itupun kalau kereta api kembali ber­operasi di sini. Bahkan wisa­tawan yang datang menggu­nakan ken­daraan pribadi bisa me­nikmati keindahan­nya dari atas mobilnya.

Nah, memanfaatkan libur lebaran Idul Fitri 1434 H tahun ini, tidak ada salah­nya jika Anda bersama ke­luarga menyempatkan diri untuk mengisi waktu libur di Danau Singkarak. Selain menawarkan suguhan pe­man­dangan nan eksotis nan memikat, Danau Singkarak juga akan memanjakan An­da dengan aneka kuliner khas Ranah Minang. Sela­mat berlibur. (**)

 

Laporan: YUTIS WANDI

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 17:32:39 WIB

    Ingat! Bukan Urusan Sepele, Tapi Sering Dianggap Sepele

    Ingat! Bukan Urusan Sepele, Tapi Sering Dianggap Sepele Saat ini rasanya sulit sekali kehidupan tanpa listrik. Bisa dikatakan, kita bergantung sepenuhnya terhadap listrik. Apalagi di era kenormalan baru ini, kita pun menggunakan listrik untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari meny.
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 20:56:24 WIB

    Awas! Inilah Dosa Jariyah yang Terus Mengalir

    Awas! Inilah Dosa Jariyah yang Terus Mengalir Sebagai manusia biasa, kesalahan ataupun khilaf merupakan sesuatu hal yang wajar adanya. Hal itu disebabkan karena kita bukan manusia sempurna seperti halnya Rasulullah SAW. Maka, introspeksi diri merupakan salah satu cara ya.
  • Kamis, 21 Januari 2021 - 16:34:07 WIB

    Kolonel TNI Mati Dibunuh Rekan Sendiri Cuma Gara-gara Politik

    Kolonel TNI Mati Dibunuh Rekan Sendiri Cuma Gara-gara Politik Peristiwa kelam pengkhianatan Partai Komunis Indonesia (PKI) menyisakan duka yang sangat mendalam bagi sejumlah korban. Tak hanya enam Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang jadi korban pembunuhan di Jakarta, ada pula .
  • Rabu, 20 Januari 2021 - 10:49:13 WIB

    Apakah Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia?

    Apakah Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia? Malaikat adalah salah satu dari sekian makhluk Allah SWT. Hanya saja dia diciptakan dengan sejumlah keistimewaan salah satunya adalah tak pernah melakukan maksiat. .
  • Senin, 21 Desember 2020 - 01:18:17 WIB

    Cegah Korupsi Melalui Simplikasi Jabatan Fungsional

    Cegah Korupsi Melalui Simplikasi Jabatan Fungsional Penyederhanaan organisasi menjadi isu yang kian menarik selama setahun terakhir ini. Dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Apratur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Nomor 28/2019 tentang Penyetaraan Jabatan Ad.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]