Hutri Jambak, Penyanyi dan Abdi Negara


Sabtu, 25 Juni 2016 - 02:46:20 WIB
Hutri Jambak, Penyanyi dan Abdi Negara Hutri Jambak.

BUKITTINGGI, HALUAN—Kiprah Hutri Jambak di industri musik Minang boleh dibilang masih baru. Namun bergelut dengan dunia seni bukanlah suatu hal yang asing bagi penyanyi minang muda ber­bakat ini.

Ya, lelaki tampan ke­lahiran Lasi, Kecamatan Can­duang, Kabupaten Agam ini, pernah me­no­rehkan sejumlah pres­t­a­si membanggakan di bidang seni. Penghargaan yang diraihnya itu adalah wujud eksis­tensinya di dunia hiburan.

Diantaranya, Juara I Bintang Qasidah Kabupaten Agam tahun 2006, Juara I Pemilihan Duta Wisata Bujang jo Gadih Kota Bukittinggi dan finalis Duta Wisa­ta Uda jo Uni tingkat Sumbar.

Tidak hanya itu, kepiawaian dan talentanya dalam dunia seni juga mengantarkan ayah satu anak ini melanglang buana ke berbagai daerah. Bahkan keluar negeri dalam rangka mempromosikan seni budaya Minangkabau.

“Meniti karir sebagai pe­nya­nyi Minang sudah dimulai sejak 2013 silam. Meski baru 3 tahun, tapi Alhamdulillah telah menge­luarkan dua album,” ujar Hutri Jambak saat ditemui Haluan pada kegiatan buka bersama di ked­ia­man Nora Zubir Entertainer Se­nior Bukittingi, di Banto La­weh, Kelurahan Kayu Kubu, Keca­matan Guguk Panjang.

Lebih jauh Alumni Fakultas Hukum UMSB Bukittinggi ini mengatakan, 2 album yang telah dirilis dan sudah diedarkan itu yakni Album Dendang Minang Special Jembatan Hati, Produksi Elta Record.

Dalam album ini, terdapat 10 tembang yang memikat hati de­ngan lagu unggulan ‘Alek Gadang Anak Nagari’ ciptaan Monisfar. Serta didukung 9  tembang lain­nya yaitu, Pituah Ayah, Kaki Limo, Sapasukuan, Alah Bakisa, Ratok Anak Dagang, Nasibnyo Atah, Jungkek Patiang, Pantun Siba­yang Diri dan Kampuang Maimbau.

Sedangkan album kedua, yai­tu Album Dendang Mandayo bersama Paradise Record. Lagu unggulan di album kedua ini adalah Kureta Solok, Samo-samo Licin dan Bungo Anjalai. Album kedua ini dikemas begitu apik dan maksimal oleh Paradise Record sehingga album kedua  ini dapat diterima dengan baik dan mampu memberikan hiburan tersendiri bagi pendengar.

“Insya Allah, album ketiga segera menyusul dan segera pula diedarkan,” ujar Hutri yang di­ami­ni oleh penyanyi minang lainnya, Rommy Tan.

Diakuinya, meniti karir di dunia hiburan bukanlah hal baru baginya. Sejumlah kegiatan di dunia hiburan pernah dijalaninya, mulai dari MC, modeling, lagu qasidah hingga lagu minang. Berkat eksistensi dan ke­pia­waian­nya didunia hiburan inilah, akhir­nya ia dilirik oleh sejumlah produ­ser rekaman untuk merilis album.

Dikatakan, ketertarikannya di dunia hiburan, berawal dari ke­ikut­sertaannnya pada festival-festival seni budaya dalam rangka mempromosikan budaya daerah.

Namun bakat menyanyi sudah ada dalam dirinya. Dia sudah suka tampil menyanyi sejak SD. Bakat menyanyi itu bukan turu­nan keluarga, tetapi bakat alam yang ada dalam dirinya. Bakat itu terus diasah, hingga akhirnya mampu melahirkan album rekaman.

“Berkat piawai bernyanyi, aku sudah mengunjungi berbagai kota di tanah air, seperti Jakarta, Medan, Palembang, Lubuk Ling­gau, hingga ke Malaysia untuk kegiatan show lagu minang dan festifal seni dan budaya yang diundang oleh perantau minang,” katanya.

Tapi, Hutri Jambak tak hanya sukses di dunia hiburan, melain­kan juga sukses sebagai abdi negara. Saat ini, dia tercatat sebagai staf di Kantor Camat Canduang, Kabupaten Agam. Disamping itu anak kelima dari lima bersaudara ini juga dikenal memiliki kemahiran di bidang teknologi dan informasi. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]