Filipina Targetkan Final Piala AFF


Sabtu, 25 Juni 2016 - 06:43:04 WIB
Filipina Targetkan Final Piala AFF

Cebu, Haluan  — Se­ti­daknya dalam satu dekade terakhir Filipina menjelma menjadi kekuatan baru di sepak bola Asia Tenggara. Salah satu buktinya, Timnas Filipina mampu melaju hing­ga semifinal pada tiga edisi terakhir Piala AFF. Ranking FIFA mereka juga terus me­nanjak. Tak heran, Filipina sangat percaya diri bisa me­nem­bus partai final untuk pertama kalinya di Piala AFF.

Manajer timnas Filipina, Dan Palami, seperti dilansir dari koran lokal terbitan Cebu, The Freeman, me­ngun­g­kap­kan optimisme bisa ber­duel di laga puncak Piala AFF 2016 bukan sesumbar belaka.

“Saya pikir kami tim yang berbeda sekarang. Kami cu­kup matang secara tim saat ini. Para pemain yang ter­gabung dalam tim mung­kin terbiasa bermain dengan gaya Asia Tenggara, tapi kematangan bermain me­reka ada pada level tinggi,” ujar Palami.

Timnas Filipina, yang berjulukan The Azkals, seperti diungkapkan Palami saat ini mayoritas diisi pemain “ber­basis Filipina” ketimbang pemain yang berkiprah di luar Filipina, terutama di Benua Biru, seperti beberapa tahun terakhir.

Kondisi itu dinilai mem­permudah tim pelatih dalam menyusun program latihan maupun uji coba.

 Bahkan, timnas asuhan pelatih Tho­mas Dooley itu saat ini diper­kuat lebih banyak pe­main muda yang lebih segar.

“Banyak pemain muda yang saya pikir cukup men­janjikan. Tidak hanya po­tensial, tetapi permainan me­reka cukup bagus. Pemain muda seperti Manny Agui­nal­do telah terbukti jadi peng­ganti yang baik di posisi bek tengah. Kepergian beberapa pemain veteran memotivasi pemain muda untuk meng­gantikan peran mereka,” tutur sang manajer.

Untuk mematangkan tim, sejumlah laga uji coba sudah dirancang tim pelatih. Bulan depan mereka akan meladeni klub peserta A-League, Perth Glory, di Vigan. Pada Agus­tus 2016, Filipina akan men­jajal Kirgistan.

 Namun sebelum itu, Pa­lami mengungkapkan bisa jadi The Azkals terlebih dulu menjajal Korea Utara atau China, ketimbang Singapura yang sebelumnya masuk ren­cana sebelum The Lions ber­ganti pelatih.Jelang putaran final, Neil Etheridge cs. akan kembali menjajal Kirgistan, namun pada pertemuan kedua itu giliran Filipina jadi tuan rumah.

The Azkals sejauh ini su­dah tampil dalam 11 edisi Piala AFF dengan pencapaian terbaik jadi semifinalis dalam tiga edisi terakhir, yakni Piala AFF 2010, 2012, dan 2014. ”Kami menargetkan masuk final Piala AFF 2016. Kami harus tampil lebih baik dari tiga edisi sebelumnya. Kami selalu sampai semifinal, tapi tak pernah bermain di final. Bila kami bisa ke final, hal ini jadi prestasi besar buat kami,” pungkas Palami meng­akhiri pembicaraan, seperti dikutip di The Freeman. (h/san/blc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]