Duta Sumbar Ke Lomba Nasional

Perpustakaan Nagari Labuah Panjang Hebat


Sabtu, 25 Juni 2016 - 06:53:20 WIB
Perpustakaan Nagari Labuah Panjang Hebat Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Perpus­takaan Nagari Labuah Panjang Kecamatan X Koto Diatas yang berada di Kabupaten Solok me­wakili Sumbar tingkat nasional dalam ajang lomba perpustakaan nagari.

Kepala Badan Perpustakaan dan Ke­arsipan Daerah Provinsi Sumatra Ba­rat, Alwis saat mendampingi tim pe­nilai perpustakaan nasional ke Ka­bupaten Solok, Jumat (24/6) me­ngatakan, setalah melalui seleksi yang panjang, Perpustakaan Nagari La­­buah Panjang Kecamatan X Koto Di­­a­tas yang berada di Kabupaten So­­lok akan mewakili Sumbar ke­ting­­­kat nasional Agustus men­da­tang.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

Dkatakan, perpustakaan Nagari Labuah Panjang Kecamatan X Koto Diatas mendapat nilai 569 yang merupakan nilai tertinggi yang diberikan dewan juri ditingkat Provinsi. “Ada beberapa kategori penilaian yang dilakukan tim penilai sehingga bisa meloloskan perpustakaan Nagari Labuah Pan­jang Kecamatan X Koto Diatas sebagai perwakilan tingkat na­sional”, terangnya.

Sambungnya, kategori tersebut meliputi jumlah koleksi buku, strategi pengelola pustaka dalam menumbuhkan minat baca dan inovasi anak nagari dalam pe­ngembangan produk lokal dari hasil bahan bacaan.

Baca Juga : Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub

Dia menambahkan, poin ter­tinggi dari Perpustakaan Nagari Labuah Panjang Kecamatan X Koto Diatas adalah dari segi inovasi anak nagari yakni dalam pengembangan produk lokal dari hasil bahan bacaan, pengembangan produk lokal air nira yang dijadikan peng­gerak perekonomian masyarakat setempat.”Dari 19 kab/kota di Sumbar, 13 kab/kota yang mengi­rimkan utusan ketingkat Provinsi , karena sebelumnya pihak kab/kota yang terlebih dahulu melakukan seleksi dimasing-masing daerah, sebab dari hasil seleksi didaerah akan diseleksi lagi ditingkat Pro­vinsi”, ungkapnya.

Tambahnya, sekarang dalam tahap penilaian tingkat Nasional, sehingga akan melalui beberapa tahap-tahap penilaian lagi hingga agustus mendatang diumumkan hasilnya.

Baca Juga : FOTO: Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

“Dengan mewakili Sumbar di­kan­cah Nasional, kita berharap Perpustakaan Nagari Labuah Pan­jang Kecamatan X Koto dapat mengharumkan nama Sumbar”, tutrnya.

Turut sebagai Juara II Perpus­takaan Nagari Tanjuang Baringin, Kecamatan Lubuak Sikaping Kabu­paten Pasaman, Juara III Perpus­takaan Nagari koto laweh kecamatan 10 koto, Kabupaten Tanah Datar, serta Perpustakaan Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso, Kabupaten Agam mendapatkan Harapan I dan Perpustakaan Pamuatan, Kabupaten Sijunjung sebagai Harapan II. (h/ows)

Baca Juga : Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]