Di Limapuluh Kota Kasus Gigitan Anjing Tinggi


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:08:52 WIB
Di Limapuluh Kota Kasus Gigitan Anjing Tinggi Ilustrasi.

PAYAKUMBUH, HALUAN  — Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang terkena gigitan anjing cukup tinggi. Sedikitnya, masyarakat yang digigit anjing sekitar 30 orang per tahun.

Untuk mengurangi kasus gigitan anjing di daerah ini, pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dalam empat tahun ter­akhir kita gencar menso­sialisasikan kasus rabies aki­bat digigit anjing, kucing maupun kera mulai pada pelajar SD, SMP, SLTA dan masyarakat umum,” ungkap Kadis Peternakan dan Ke­sehatan Hewan Limapuluh Kota, Ir.Priyadi Budiman, yang dihubungi Jumat ke­marin di Sawah Padang.

Dikatakan, melalui murid sekolah dasar atau pelajar pada umumnya, cukup me­nyam­bung kegiatan pe­nyu­luhan. Sementara pada ma­syarakat umum waktu men­dapat penyuluhan terlihat cuek, mereka mungkin meng­anggap kegiatan penyuluhan gigitan anjing yang ber­po­tensi rabies itu, sudah menjadi hal yang biasa.

Menurut Priyadi Bu­di­man, petugas Disnak Keswan ketika melakukan penyu­luhan atau kegiatan sosia­lisasi, menyajikan dengan bentuk film, sehingga me­narik dan melekat difikiran siswa.

Diingatkannya, kalau ada keluarga atau tetangga yang digigit anjing, harus melapor segera ke Puskesmas dan anjing yang mengigit kalau tidak bisa dibunuh, dikurung selama 14 hari, Seandainya betul betul anjing yang meng­gigit itu gila, maka dalam waktu 14 hari biasanya akan mati.

Untuk penag­gulangan­nya, selain Puskesmas, ada di setiap kecamatan UPT Kes­wan hingga bisa dapat pe­tunjuk mdalam menga­tasi­nya. “Kalau didigit anjing, kucing dan kera  tak disuntik, lukanya bisa sembuh segera, sementara virus nya terus menggerogoti tubuh, kalau sudah sampai keotak ra­cunnya, biasanya kita bisa seperti anjing gila pula,” ujar Priyadi Budiman.

Menurut dia, gigitan an­jing sangat berbahaya, karena itu masyarakat harus tahu tindakan apa yang harus diambil, Sebab korban gigi­tan anjing perlu mendapat pentuhan sesegeranya. De­ngan penyuluhan tentang bahaya rabies, masyarakat akan mengetahui langkah–langkah untuk mengatasinya.

Korban gigitan anjing kalau menjadi peserta BPJS Ke­sehatan juga dapat ban­tuan perawatan, sebab kalau pe­ngobatan umum, biaya pera­watan dan beli obatnya mahal, saat ini biayanya tak kurang Rp600.000. (h/zkf/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]