Dispertahornak Salurkan Bantuan untuk 44 Keltan


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:11:09 WIB
Dispertahornak Salurkan Bantuan untuk 44 Keltan Petani Agam mengunakan plastik penutup lahan untuk menghambat perkembangan semak di sekitar tanaman cabai maupun bawang. (KASRA SCORPI)

Agam, Haluan — Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Agam me­nyalurkan bantuan terhadap 44 kelompok tani penanam cabai di sembilan kecamatan.

Bantuan itu telah disebar sejak Mei 2016 berupa bibit unggul, pupuk nabati, pe­s­tisida, plastik dan lainya. Selain itu juga diberikan pelatihan cara menanam bibit unggul, menyiapkan lahan dan pe­ngendalian hama.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22 %

Menurut Kepala Bidang Holtikultura pada Diper­ta­hornak Agam, Zumarni, ban­tuan pengembangan tanaman cabai ini berasal dari Ke­mentrian Pertanian Republik Indonesia tahun 2016 be­jumlah Rp1,26 miliar.

“Luas lahan tanaman cabai yang mendapat bantuan ini 45 hektare milik 44 kelompok tani di sembilan kecamatan, berarti satu kelompok tani dapat lebih kurang satu hek­tare,” kata Zumarni.

Baca Juga : Angka Kesembuham Covid-19 di Sumbar Mencapai 91,89 %

Kelompok tani yang men­dapat bantuan, 5 di kecamatan Kamang Magek, 4 Baso, 10 Matur, 10 Ampek Ko­to, 3 Tanjung Mutiara, 2 Lu­buk Basung, 4 Tanjung Raya, 4 Tilatang Kamang, 2 Ke­camatan Palupuh.

Lahan dan iklim pada lokasi tersebut cocok untuk tanaman cabai, namun yang menjadi masalah bagi petani, cuaca ekstreem, penyakit kri­ting daun dan harga yang fluktuatif. (h/ks)

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 34 Orang

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]