Jalur Simpang Gudang ke Palembayan Kurang Rambu


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:16:40 WIB
Jalur Simpang Gudang ke Palembayan Kurang Rambu Ilustrasi.

Agam, Haluan — Jalur Simpang Gudang, Kecamatan Lubuk Basung menunuju sampai Padang Koto Gadang, Kecamatan Palembayan, merupakan akses utama masyarakat dari Agam maupun Pariaman menunju Pasaman Barat. Dulu jalur tersebut rusak berat sehingga rawan dengan kecelakaan.

Jalan tersebut berstatus strategis provisni, Meski dalam kondisi rusak berat pada waktu itu, tingkat ke­celakaan tidak begitu tinggi. Tapi sekarang Jalur tersebut sudah sangat mulus, aspal hotmit baru membuat jalan itu sangat nayaman dilalui oleh pengemudi menunju Pasaman Barat, maupun ma­syarakat dari wilayah itu ke daerah lain.

Baca Juga : Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

Keadaan jalan yang mu­lus tidak serta merta mem­berikan dampak positif, se­telah jalur tersebut cukup bagus, justru tingkat ke­celakaan pada jalur itu men­jadi tinggi. Hampir setiap saat terjadi kecelakaan yang me­libatkan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hal ini bisa disebabkan banyak faktor, antara lain, kelalaian pengemudi yang mengendarai kedaraannya de­ngan kecepatan tinggi, tanpa menghiraukan aspek keama­nan. Kemudian Kea­daan jalan yang mulus, me­nunkan tingkat kehati-hatian pengendara.

Baca Juga : Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

Tapi itu semua juga dinilai karena pengaruhi rambu serta penerangan yang masih kurang pada jalan provinsi itu. Apalagi jalan tersebut memiliki banyak belokan, tanjakan, penurunan yang cukup memicu bisa kecelakaan.

Terkahir, satu hari yang lalu Dua kendaraan roda empat terlibat kecelakaan persisnya pada ruas Jalan umum Bawan, Bancah Jo­rong Lubuk Alunng,  Kena­garian Bawan,  Kecamatan Ampek Nagari. Tabrakan tersebut melibatkan Toyota Hilux  dengan nomor polisi BA 8000 SA Y dan satu mobil pick up Mitsubishi L300 dengan nomor polisi BA 9969 MY.

Baca Juga : Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

Salah seorang yang per­nah menjadi korban, warga palembaya, Jhon, Jumat bahkan berani menye­but jalan tersebut merupakan jalur maut. Karena terkturnya yang sanga berbahaya. Be­berapa waktu lalu, istri men­jadi korban kecelakan te­patnya di jalan Bacah Bara­puang, Jorong Tapian Kan­dih, Kenagarian Salareh Aia, Kecamatan Palembayan.

“Saat ini kondisi istri saya masih dalam masa pemu­lihan. Sebagai masyarakat kami tidak mengurangi rasa termakasih dengan adanya jalan yang bagus. Namun perlu menjadi perhatian apa­bila perbaikan itu juga me­miliki dampak yang tidak bagus jika tidak diiringi dengan adanya peningkatan rambu maupun pengamanan jalan,” katanya.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

Ia mengaku bahkan da­lam satu hari persis didekat rumahnya terjadi kecelakaan dua kali, yang menimpa satu truk dan pic up, akibat sopir tidak menyadari terjadinya belokan. Dikatakannya, mau berapa banyak lagi korban yang akan tertimpa musibah kecelakaan.

Sementara itu Kasat Lan­tas Polres Agam AKP Ar­nanda putra, mengatakan jalan Simpang Gudang me­nuju Pasaman Barat memang cukup rawan dengan kece­lakaan. Menurutnya, polisi tidak bosan-sannya meng­imbau Masyarakat Ting­kat­kan Pengamanan Berkendara

Dikatakannya, dalam mi­nimalisir terjadi­nya kecela­kaan bisa dengan mening­katkan pengamaman mulai dari diri sendiri. Menurutnya, dalam menghin­dari kece­lakaan harus dimulai dengan oleh orang yang bersang­kutan. Apabila menjalankan kendaraan baik dalam jarak tempuh dekat menjauh, ja­ngan dipaksanakan.

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa kondisi kendaraan, apabila mene­mukan kerusakan pada kendaraan perbaiki terlebih dahulu jangan digunakan juga.  (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:59:58 WIB

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak Sejak menjabat sebagai Kapolsek Tilatang Kamang, Kab. Agam beberapa waktu lalu. Iptu. Rommy Hendra K. SH, MM terus berupaya menjalin tali silaturahmi dan pendekatan dengan masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:27:37 WIB

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan Plh Sekda, Muskamal meresmikan Rumah Tahfidz Qur'an Al Hajjar Kampung Koto Pulai, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Pada sambutannya, Muskamal mengatakan perlu kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam upay.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:23:50 WIB

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi Masyarakat Kampung Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengharapkan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang yang terjadi pada September 2020 lalu di kampu.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:21:49 WIB

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (23/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 131 orang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:14:05 WIB

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (22/1/2021) terdapat 128 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.195 orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]