Pengelolaan HKm di Pasaman Mengagumkan Tenaga Ahli Presiden


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:19:11 WIB
Pengelolaan HKm di Pasaman Mengagumkan Tenaga Ahli Presiden TENAGA Ahli Utama, Kantor Staf Presiden (KSP), Riza Damanik di tengah masyarakat KTH Karya Setia, di Duo Koto.

PASAMAN, HALUAN — Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden (KSP), Riza Damanik melakukan pe­mantauan langsung ter­hadap pelaksanaan pe­nge­lolaan hutan masyarakat di lima kelompok di Kabu­paten Pa­saman, Jumat (24/6) kema­rin. Adapun lokasi yang di­pilih untuk pe­nin­jauan di Kabupaten Pa­saman, adalah lokasi Hutan Kema­sya­raka­tan (HKm) KTH Karya Setia, di Duo Koto.

HKM Karya Setia sudah memperoleh penetapan areal kerja (PAK) dari Kementrian Kehutaban, seluas 150 Ha pada tahun 2013. Selain itu juga telah memperoleh Izin Usaha Pemanfaatan HKM dari Bupati Pasaman tahun 2014.

Riza Damanik saat ber­temu dengan Bupati Pa­sa­man, Yusuf Lubis di Rumah dinas bupati mengatakan bahwa tujuan keda­ta­ngan­nya adalah untuk memantau dan sekaligus belajar ten­tang apa yang telah dan diperbuat Pasaman, terkait dengan redistribusi lahan hutan untuk ma­syarakat. ”Pemerintah te­lah men­cadangkan seluas 12,7 juta hektar untuk di­kelola oleh masyarakat sekitar hutan,” terangnya.

Sementara Bupati Pasa­man, Yusuf Lubis me­nyam­but hangat kedatangan Tim dari KSP dan me­nyam­pai­kan bahwa Pemkab Pa­sa­man dalam mewujudkan visi khu­susnya Sejahtera juga dengan memperhatikan masyarakat sekitar hutan, melalui skema Hutan Nagari dan Hutan Kemasyarakatan.

Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke lapangan un­tuk melihat secara langsung bagaimana penggunaan lahan hutan yang telah diberikan melalui skema HKm, se­kaligus bertemu langsung dengan pengelola.

Diakhir kunjungannya Riza Damanik didampingi Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman Yozar­wardi, mengatakan bahwa pengelolaan hutan di Pasa­man dengan pelibatan ma­sya­rakat bisa dijadikan mo­del dan dicontoh, bagi da­erah lainnya di Indo­ne­sia. ”Karena banyak potensi yang bisa diolah untuk me­ningkatkan kesejahteraan masyakat se­perti, tanaman aren, karet, rotan dan lain lain,” katanya.

Yozarwardi saat dijumpai di lapangan menjelaskan bahwa Dinas Kehutan tetap memberikan perhatian untuk pengembangan usaha bagi kelompok HKm dan Hutan Nagari, sekaligus untuk per­luasannya sampai 70.000 ha. (h/yud)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 16:06:33 WIB

    Sijunjung Butuh Pabrik Pengelolaan Karet

    Sijunjung Butuh Pabrik Pengelolaan Karet SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Keberadaan Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu penghasil karet terbesar di Sumatera Barat ternyata tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan para petaninya. Hal ini tak terlepas da.
  • Senin, 10 Desember 2018 - 08:33:22 WIB

    Pengelolaan Dana Nagari Butuh Sumbangsih Perantau

    Pengelolaan Dana Nagari Butuh Sumbangsih Perantau PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perantau dari Tanah Minang diminta tak malu untuk kembali ke kampung halaman setelah merampungkan studi perguruan tinggi. Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit mengaku, dirinya justru mengapre.
  • Senin, 26 September 2016 - 01:50:43 WIB

    BPMPKB Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Nagari

    BPMPKB Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Nagari PADANG PARIAMAN, HALUAN — Agar dana yang dialokasikan pada nagari dapat terlaksana sesuai sasaran dan aparaturan nagari mampu mengelola dana nagari dengan baik, sehingga tidak ada aparatur nagari yang berurusan dengan peneg.
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 16:31:36 WIB

    Mulai 1 Agustus Mendatang, Pemko Ambil Alih Pengelolaan Parkir di Bukittinggi

    Mulai 1 Agustus Mendatang, Pemko Ambil Alih Pengelolaan Parkir di Bukittinggi BUKITTINGGI, HALUAN -- Mulai 1 Agustus 2016 mendatang, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akan mengambil alih pengelolaan semua titik parkir yang ada di Bukittingi, yang selama ini dikelola oleh pihak ketiga..
  • Jumat, 29 April 2016 - 04:02:23 WIB

    Pengelolaan Bantuan Keuangan Parpol Harus Transparan

    PAINAN, HALUAN — Se­banyak 11 pengurus partai politik (parpol) di Pessel, mengikuti kegiatan bim­bingan teknis (bimtek) La­poran Pertanggungjawaban (LPj) bantuan keuangan parpol Kabupaten Pessel. Bimtek tersebut dimaksud.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM