Pengelolaan HKm di Pasaman Mengagumkan Tenaga Ahli Presiden


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:19:11 WIB
Pengelolaan HKm di Pasaman Mengagumkan Tenaga Ahli Presiden TENAGA Ahli Utama, Kantor Staf Presiden (KSP), Riza Damanik di tengah masyarakat KTH Karya Setia, di Duo Koto.

PASAMAN, HALUAN — Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden (KSP), Riza Damanik melakukan pe­mantauan langsung ter­hadap pelaksanaan pe­nge­lolaan hutan masyarakat di lima kelompok di Kabu­paten Pa­saman, Jumat (24/6) kema­rin. Adapun lokasi yang di­pilih untuk pe­nin­jauan di Kabupaten Pa­saman, adalah lokasi Hutan Kema­sya­raka­tan (HKm) KTH Karya Setia, di Duo Koto.

HKM Karya Setia sudah memperoleh penetapan areal kerja (PAK) dari Kementrian Kehutaban, seluas 150 Ha pada tahun 2013. Selain itu juga telah memperoleh Izin Usaha Pemanfaatan HKM dari Bupati Pasaman tahun 2014.

Baca Juga : Gubernur Sumbar: Masyarakat Tak Perlu Takut, BPOM dan MUI Sudah Keluarkan Fatwa Kehalalan Vaksin

Riza Damanik saat ber­temu dengan Bupati Pa­sa­man, Yusuf Lubis di Rumah dinas bupati mengatakan bahwa tujuan keda­ta­ngan­nya adalah untuk memantau dan sekaligus belajar ten­tang apa yang telah dan diperbuat Pasaman, terkait dengan redistribusi lahan hutan untuk ma­syarakat. ”Pemerintah te­lah men­cadangkan seluas 12,7 juta hektar untuk di­kelola oleh masyarakat sekitar hutan,” terangnya.

Sementara Bupati Pasa­man, Yusuf Lubis me­nyam­but hangat kedatangan Tim dari KSP dan me­nyam­pai­kan bahwa Pemkab Pa­sa­man dalam mewujudkan visi khu­susnya Sejahtera juga dengan memperhatikan masyarakat sekitar hutan, melalui skema Hutan Nagari dan Hutan Kemasyarakatan.

Baca Juga : 680 Tenaga Kesehatan RSUD M Zein Painan Jalani Vaksinasi Covid-19

Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke lapangan un­tuk melihat secara langsung bagaimana penggunaan lahan hutan yang telah diberikan melalui skema HKm, se­kaligus bertemu langsung dengan pengelola.

Diakhir kunjungannya Riza Damanik didampingi Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman Yozar­wardi, mengatakan bahwa pengelolaan hutan di Pasa­man dengan pelibatan ma­sya­rakat bisa dijadikan mo­del dan dicontoh, bagi da­erah lainnya di Indo­ne­sia. ”Karena banyak potensi yang bisa diolah untuk me­ningkatkan kesejahteraan masyakat se­perti, tanaman aren, karet, rotan dan lain lain,” katanya.

Baca Juga : Keren! Mobil Listrik Mengaspal di Padang, GM PLN Sumbar: Kendaraan Hemat dan Ramah Lingkungan

Yozarwardi saat dijumpai di lapangan menjelaskan bahwa Dinas Kehutan tetap memberikan perhatian untuk pengembangan usaha bagi kelompok HKm dan Hutan Nagari, sekaligus untuk per­luasannya sampai 70.000 ha. (h/yud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]