Peringatan Nuzul Quran Pasbar

Pendidikan Alquran Harus Dimulai Sedini Mungkin


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:27:00 WIB
Pendidikan Alquran Harus Dimulai Sedini Mungkin

PADANG, HALUAN — Pengetahuan dan pe­mahaman akan ilmu yang terkandung dalam Al­quran mesti diberikan kepada seseorang sejak usia dini, bukan malah dicurahkan ketika se­seorang telah menginjak dewasa. Begi­tupun de­ngan pengamalan isi yang dikandung oleh kitab suci tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Pasaman Barat, Syahiran, saat membuka peringatan hari turun­nya Alquran (Nuzul Quran) 1437 Hijriah di Masjid Agung Baitul Ilmi, Sim­pang Empat. Hadir dalam acara tersebut, segenap aparatur jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (24/6).

Baca Juga : Jatah Pupuk Bersubsidi di Sumbar Berkurang Tahun 2021

Tampil sebagai pemberi ta­usiah pada kesempatan itu, Kas­mir, Lc yang juga mubalig asli Pasaman Barat. Dalam tausiahnya, Kasmir menjelaskan esensi dari peringatan Nuzul Quran, yaitu agar umat Mus­lim memahami penting­nya  mem­pelajari, memaknai dan menga­malkan isi dan kandungan Alquran dalam rutinitas kehidupan sehari-hari.

“Jadi, Nuzul Quran itu bukan seremonial belaka. Juga bukan agenda rutin keagamaan yang harus diperingati dengan acara besar, yang penting itu bagaimana kita mening­katkan pemahaman kepada Alquran, dan mem­praktek­kannya,” ucap Kasmir.

Baca Juga : Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Mengancam Sumbar

Menurut Kasmir lagi, sesibuk apapun seseorang dalam melak­sanakan rutintas, jika dirinya me­mang merasa dekat dengan Allah SWT, maka akan secara otomatis aktivitas pertama yang dilakukan adalah membaca, memahami dan mengamalkan isi dan kandungan Quran.

Ia mencontohkan, sikap yang seharusnya dikedepankan umat Muslim kepada masjid adalah mera­maikannya untuk beribadah, bukan hanya mendirikan, mem­bangun, mempercantik atau me­mugar sarana ibadah menjadi semakin bagus dan indah.

Baca Juga : ASN Terlibat Kasus Pemerkosaan di Bukittinggi, LKAAM: Kalau Perlu Dipermalukan saat Upacara

“Karena itu, melalui peringa­tan hari turunnya Alquran, yang pokok kajian dari peristiwa besar itu adalah, kewajiban setiap umat Islam melak­sanakan, membaca, ma­mahami dan mengamalkan isi dan kandungan ayat-ayat Alquran, sekaligus di­apli­kasikan dalam setiap aktivitasnya,” pungkasnya. (h/gmz)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]