1.000 Calon Siswa Ingin Sekolah di Padang


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:27:52 WIB
1.000 Calon Siswa Ingin Sekolah di Padang Ratusan calon siswa bersama orang tua membanjiri gedung Dinas Pendidikan Kota Padang, Jumat (24/6). Calon siswa ini sedang mendaftarkan diri untuk bisa diterima di salah satu sekolah negeri di Kota Padang dan saat ini sedang mengikuti tahap pra pendaftaran. (RINA AKMAL)

PADANG, HALUAN—Hari ketiga pra pendaftaran siswa baru (PSB) dan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online untuk luar kota dan provinsi di Dinas Pendidikan Kota Padang sudah mencapai 1.000 orang. Didominasi oleh pendaftar untuk tingkat SMA dan SMK, sementara untuk tingkat SD diperkirakan akan membludak hari ini, Sabtu (25/6) karena siswa minggu ini baru menerima nilainya dari sekolah. Calon siswa ini ber­datangan dari berbagai daerah seperti Pesisir Selatan, Dhar­masraya, Pariaman dan lain­nya.

Kepala UPTD P2 Dapodik Dinas Pendidikan Kota Pa­dang Syuhadi mengatakan, pra pendaftaran yang sudah dilak­sanakan sejak tanggal 22 hingga 27 Juni 2016 nanti berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Untuk penyebaran nomor antrian pra pendaftaran pada hari pertama sebanyak 250 orang, untuk mengantisipasi peningkatan pendaftar pada hari kedua ditambah menjadi 350 nomor antrian dan hingga hari ketiga kembali naikkan keangka maksimal yakni 400 nomor antrian.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

“Namun 400 tersebut be­lum habis, masih tersisa se­jumlah antrian lagi. Kemarin kami melihat banyak calon siswa yang mendaftar, ma­kanya kami naikkan hingga ke angka tertinggi. karena setiap tahunnya, jumlah peserta rata-rata mencapai lebih kurang 1.500 hingga 2.000 orang,” ungkapnya, Jumat (24/6).

Dikatakan juga, untuk kendala selama proses pra pendaftaran sendiri ia me­ngaku tidak mengalami ke­sulitan dan kendala hanya saja ada sejumlah peserta dan orangtua tidak sabar dalam menunggu antrian. Sementara, data yang akan di entri begitu banyak namun demikian pi­hak­nya tetap mengoptimalkan jumlah SDM dalam proses pra pendaftaran tersebut agar pelayanan terhadap ma­sya­rakat bisa maksimal.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Pra pendaftaran yang ditu­jukan kepada pelamar di luar Kota Padang bertujuan untuk mendapatkan Nomor Pra daf­tar sebagai pengganti nomor SKHUN/STL.

Dikatakan juga, setelah melakukan pra pendaftaran mereka harus melakukan lagi pendaftaran di sekolah yang mereka inginkan pada tanggal 25 hingga 27 Juni 2016 setelah mendapatkan bukti dari pra pendaftaran maka mereka harus membawa ke sekolah-sekolah pilihannya. Pada tang­gal 28 Juni akan dilakukan pengumuman hasil seleksinya, dan tanggal 29 hingga 30 Juni 2016 siswa akan melakukan pendaftaran ulang di sekolah mereka diterima. (h/rin)

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Ajak Pelanggan Catat Meter Mandiri, Ini Caranya

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]